COTECA, Pameran Kopi, Teh dan Kakao Bertaraf Internasional

Salah satu kunci keberhasilan produk perdagangan seperti komoditas pertanian adalah marketing. Tentu produk yang dihasilkan harus bernilai tinggi, tapi produk bagus yang dihasilkan tidak begitu saja akan dihargai oleh pasar. Salah satu cara agar produk berkualitas tinggi yang kita miliki juga diapresiasi tinggi oleh pasar adalah melakukan promosi melalui pameran, yang merupakan salah satu tool marketing. Tulisan ini merupakan seri mengenai salah satu pameran internasional produk kopi, teh dan kakao di negara tempat Bundesliga berlangsung.

COTECA merupakan ajang pameran produk kopi, teh dan kakao bertaraf internasional, bertempat di Hamburg. Pameran tersebut mulai diinisiasi tahun 2010 dan mendapat sambutan luarbiasa dari peserta pameran dan pengunjung. Peserta pameran merupakan perusahaan-perusahaan yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Pemilihan Hamburg sebagai tempat ajang pameran dinilai tepat karena Hamburg merupakan kota pelabuhan di German dan sudah semenjak lama menjadi kota perdagangan, tempat arus barang masuk dan keluar dari dan ke seluruh dunia.

100_4832

Gambar 1. Gedung Hamburg Messe

Gedung Hamburg Messe

Hampir setengah peserta pameran merupakan perusahaan yang bergerak di komoditas kopi. Kopi merupakan konsumsi minuman yang popular di German, juga di Negara eropa lainnya. Bahkan uniknya, konsumsi kopi melebihi konsumsi bir di German. Udara dingin, ritme kerja yang tinggi membuat orang biasa mengkonsumsi bahkan lebih dari dua gelas per hari. Selain itu, kopi sudah merupakan kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak terpengaruh apakah cuaca cerah dan panas atau dingin bersalju, orang tetap senang datang ke Kafe, sekedar untuk menikmati hari atau bersosialisasi dengan kerabat.

COTECA terbaru dilaksanakan pada 20-22 September 2012. Pameran dilaksanakan di Hamburg Messe und Congress yang terletak di kota Hamburg, German, sebuah tempat pameran internasional yang mudah di jangkau menggunakan berbagai macam sarana transportasi. Kemudahan akses transportasi tersebut tentu memudahkan pengunjung untuk menyaksikan pameran. Pameran selanjutnya direncanakan dilaksanakan pada 24-26 September 2014.

100_4801

Gambar 2. Suasana dalam pameran.

Suasana dalam pameran.

Di dalam ruang pameran terdapat banyak stand yang menawarkan segala macam produk dan informasi, terutama produk kopi dari seluruh dunia. Mulai dari stand yang menawarkan green coffee, roasted coffee sampai produk turunannya, mesin roasted dengan berbagai macam ukuran dan teknik, mesin espresso dan alat pembuat kopi lainnya, serta segala macam aksesoris yang berurusan dengan kopi.

Tepat di depan pintu masuk, terdapat stand Indonesia yang mempromosikan beberapa produk kopi, teh dan kakao, baik produk jadi maupun produk mentah. Salah satu produk yang dipamerkan kopi green bean dari berbagai wilayah Indonesia seperti Arabika Aceh Gayo, Jawa Belawan, Sulawesi Kalosi, Papua serta Robusta dari Aceh dan Jawa. Produk-produk rosted juga disediakan, tetapi calon pembeli lebih menyukai untuk mencoba kopi green bean. Calon pembeli biasanya mempunyai metode roasted tersendiri. Profil rasa dan aroma ditentukan salahsatunya oleh metode roasted, sehingga kopi hasil roasted yang dilakukan oleh produsen belum tentu sesuai dengan keinginan calon pembeli.

Gambar 3. Stand Indonesia

Stand Indonesia

Salah satu jenis kopi yang juga mendapat perhatian adalah kopi luwak. Kopi luwak merupakan kopi yang telah melalui sistem pencernaan binatang yang disebut luwak atau musang. Biji kopi yang terkena asam lambung luwak, diproses sedemikian rupa sehingga memiliki kandungan protein yang lebih rendah daripada biji kopi biasa, serta rasa dan aroma yang khas. Luwak liar juga memakan hanya biji kopi yang telah memasuki fase matang, yaitu kopi dalam bentuk buah yang berwarna merah. Pada fase ini, biji kpi memiliki rasa dan aroma yang maksimal. Tidak mengherankan kualitas prima yang dihasilkan oleh kopi luwak membuat kopi ini berharga mahal, bisa mencapai diatas 100 € per kg. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasarkan kopi luwak adalah mengenai autentifikasi keaslian kopi luwak yang diproduksi. Konsumen German merasa skeptis dengan produk kopi luwak ini, ditambah beberapa pihak mempermasalahkan masalah perlindungan dan eksploitasi binatang, serta harga yang tidak bisa dibilang murah, membuat pemasaran kopi luwak membutuhkan trik-trik khusus agar bias diterima oleh pasar.

Gambar 4. Salah satu produsen Kopi luwak Indonesia.

Salah satu produsen Kopi luwak Indonesia.

Pameran ini juga menyediakan arena untuk tester kopi. Pengunjung disediakan kopi dari berbagai belahan dunia dan diajarkan bagaimana cara menilai kualitas kopi. Masih banyak lagi beberapa hal menarik lainnya dari pameran ini. Nantikan seri tulisan berikutnya mengenai kegiatan COTECA di lain kesempatan.

Location: Hamburg, German

Time: September 2012

3 thoughts on “COTECA, Pameran Kopi, Teh dan Kakao Bertaraf Internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s