Ginger Beer

Ketika sedang menghadiri workshop mengenai peluang business di German di selenggarakan di kota Braunschweig, kami melewati sebuah Asialaden shop. Toko ini berada di banyak kota di German, menjual berbagai macam barang mulai dari makanan, minuman, sayuran, buah-buahan dan pernak-pernik lainnya yang berhubungan dengan Asia. Ketika menelusuri rak-rak yang berisi minuman, mata saya tertuju ke sebuah produk minuman ginger beer. Hmmm apa bisa bir dibuat dari jahe?? Begitu pikiran saya melayang. Setelah saya melihat dari dekat produk tersebut, ooo ternyata “bir pletok”…

Ginger Beer

Ginger Beer

Ada yang pernah tahu mengenai bir pletok? Saya pertama kali mengenal bir pletok ketika bersama teman-teman sedang berkumpul di suatu restoran dengan pemandangan Gunung Salak di Bogor. Lalu kami mendapatkan “welcome drink” berupa bir pletok. Lalu terjadilah dialog dengan pelayan restoran.

Kami : “loh mas, kita ini ga minum bir”. Dengan maksud menolak secara baik-baik dengan sedikit nada tersinggung karena merasa diberi minuman yang dilarang oleh keyakinan kita.

Pelayan: “ini tidak mengandung alkohol kok mas… halal!”

Kami:  “memang bir pletok terbuat dari apa? Mana ada bir halal?!”

Pelayan restoran tersebut tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena juga tidak tahu mengenai minumam yang disajikan tersebut. Akhirnya kami tidak menikmati “welcome drink” tersebut. Besoknya saya tanya ke teman yang lain, ternyata bir pletok merupakan minuman khas Jakarta yang terbuat 100% dari jahe, bisa disebut air jahe atau dikenal dengan varian lain seperti bajigur dan bandrek di Jawa Barat dan sarabba di Makassar. Banyak daerah di Indonesia memiliki varian minuman jahenya sendiri dengan racikan yang berbeda.

Ingridient Ginger Beer

Ingridient Ginger Beer

Oleh karena itu, ketika saya melihat botol Old Jamaica ginger beer, saya tidak mau kehilangan kesempatan untuk menikmati minuman jahe ini. Setelah saya cek ingridentnya, memang tidak menganduk alkohol dan memang minuman jahe, jadi aman untuk dikonsumsi. Old Jamaica ginger beer ini mengandung air soda, gula, ekstrak jahe, asam sitrat, sodium benzoate dan stabilizer. Harga eceran bir pletok ini 1,49 €. Hal yang membuat saya surprise adalah kemasan minuman ini begitu menarik.

Kaleng dan botol "Bir Pletok"

Kaleng dan botol “Bir Pletok”

Kemasan yang tersedia di toko ini ada dalam dua bentuk, kaleng dan botol. Keduanya didesain menarik dengan label dan pemilihan jenis huruf yang juga bagus. Desain didominasi oleh warna kuning emas. Terdapat beberapa varian rasa, bisa anda lihat di http://www.oldjamaicagingerbeer.com. Setelah dicoba, rasanya pun juga ok. Apalagi di tengah suhu kota Braunschweig yang gerah sekitar 20 °C (cukup panas untuk ukuran German) , menikmati ginger beer merupakan suatu pilihan yang menyenangkan. Minuman ini di produksi di UK, sepertinya oleh usaha kecil menengah, bukan skala pabrik. Saya belum pernah melihat produk ginger beer dikemas semenarik ini di Indonesia. Mudah-mudahan tulisan ini dapat menginspirasi, bahwa minuman atau produk yang dianggap tradisional atau tidak berkelas, dapat dimarketing sedemikian rupa dengan kemasan yang keren sehingga bahkan bisa dipasarkan secara internasional. Minuman dalam kemasan seperti ini sebagai salah satu produk pascapanen akan “mendrive” produksi jahe di bagian hulu industri. Nantikan liputan saya lainnya tentang produk-produk yang sebenarnya dianggap biasa di Indonesia, tetapi di German dengan kemasan yang bagus menjadikan produk makanan atau minuman tersebut menjadi istimewa.

Menikmati Ginger Beer

Menikmati Ginger Beer

Location: Braunschweig, Niedersachsen, German

Time: Juni, 2013

One thought on “Ginger Beer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s