Pengolahan Citra Digital

Image process atau pengolahan citra digital merupakan suatu cabang ilmu yang menggabungkan pengetahuan dari ilmu lain seperti fisika, komputer, elektronik, matematika, photography. Pengolahan citra digital sebenarnya bukan hal yang asing dalam kehidupan sehari-hari. Anda yang suka bereksperimen dengan kamera dari handphone, merubah foto menjadi sephia atau hitam putih pasti menggunakan salah satu software pengolahan citra digital. Mungkin anda familiar dengan nama Adobe photoshop atau GIMP untu versi opensource. Anda yang senang update status di facebook, biasanya menemukan fitur face recognition, wajah kita atau teman bisa langsung terdeteksi. Atau fingerprint untuk absen di kantor juga merupakan bidang pengolahan citra digital.

Pengolahan citra digital sudah dimanfaatkan di industri seperti elektronik atau produksi barang manufaktor, dimana pengecekan cacat barang bisa melalui citra yang dihasilkan. Juga citra satelit untuk memetakan wilayah hutan atau mendeteksi kebakaran hutan. Teknologi citra digital tersebut juga dimanfaatkan untuk teknologi pascapanen.

Image Process dengan Bahasa C

Image Process dengan Bahasa C

Pertama kali mengenal dan belajar teknologi citra digital dalam matakuliah yang diasuh oleh Dr. Usman Ahmad, sekaligus sebagai pembimbing tesis. Beliau pengarang buku teks “Pengolahan Citra Digital dan Teknik Pemrogramannya”. Buku tersebut sarat dengan teori dan praktek pemrograman dalam bahasa C, sehingga merupakan buku yang saya rekomendasikan sebagai buku dasar untuk mempelajari pengolahan citra digital. Beliau selanjutnya menerbitkan buku pengolahan citra digital menggunakan bahasa C# dengan basis praktek. Tulisan ini sebagai pengantar mengenai pengolahan citra digital pada tulisan-tulisan berikutnya.

Image Process dengan Bahasa C#

Image Process dengan Bahasa C#

Citra digital merupakan citra dua dimensi yang terekam dalam media penyimpanan magnetik seperti hardisk, USB dan memory card. Anda yang biasa mengambil foto dengan kamera handphone, kamera digital, webcam atau DSLR tentu biasa dengan hal ini. Sifat citra digital ini adalah diskret, yaitu terpisah-pisah menjadi satuan-satuan kecil yang disebut piksel. Untuk mengerti apa itu piksel, coba saja zoom gambar citra digital semaksimal mungkin, akan terlihat citra menjadi gambar kotak-kotak. Nah seperti itulah citra digital dibentuk, dari satuan kotak-kotak kecil itu, seperti susunan ubin yang membentuk suatu mosaik. Berbeda dengan foto yang diambil dengan film yang bersifat kontinu.

Satuan piksel tersebut mengandung informasi 3 layer atau lapis yaitu R, G, B. RGB merupakan satuan warna merah (Red), hijau (Green), biru (Blue) yang merupakan 3 warna dasar, yang percampuran warna dasar terbebut bisa menghasilkan warna lain. Sebenarnya yang tercatat dalam hardisk komputer bukanlah misalnya warna merah, tetapi berupa angka, misal RGB (255,255,255). Yang mana sebenarnya lagi yang terekam di pita magnetik adalah angka binari seperti 1001100110 sesuai dengan standar ASCII, tetapi kita tidak perlu pusing dengan hal ini, biarkan aplikasi yang bekerja membantu kita berkomunikasi dengan komputer. Sebaran nilai RGB dari 0-255,  jadi terdapat 256 (28) tingkatan warna untuk masing-masing tersebut. Dimana nilai 0 merupakan warna hitam dan angka 255 merupakan warna RGB 100%.

Teknologi ini murah serta cepat dan bisa digunakan sesuai keperluan kita. Saat pembuatan skripsi, saya menggunakan Munsell colour chart untuk menentukan warna hijau daun saga manis. Penilaian menggunakan Munsell bisa menjadi subjektif, dan kadang sulit menentukan perbedaan warna hijau atau kuning yang berdekatan. Teknik lain untuk menetukan warna adalah dengan colour analizer, dimana alat tersebut mahal bisa setara dengan harga mobil. Untuk setiap pengambilan titik data bisa menguras uang serta tidak bisa dilakukan secara masal.

Teknologi pengolahan citra digital merupakan teknik yang bisa dipertimbangkan untuk pengamatan perubahan warna, bentuk serta sortasi buah atau sayur. Alat untuk meng”capture” citra digital yang disebut proses digitasi bisa menggunakan kamera digital yang anda miliki seperti kamera handphone, kamera poket, DLSR, web came, CCTV bahkan scanner.

Aplikasi Pengolah Warna Buah Duku

Aplikasi Pengolah Warna Buah Duku

Saya menggunakan teknologi pengolahan citra digital ini untuk keperluan pengamatan perubahan warna kulit dan daging buah duku. Citra diambil menggunakan kamera CCTV. Untuk pengolahan citra, saya merancang aplikasi berbasis bahasa Basic dengan menggunakan VB6. Untuk standar pemrograman, aplikasi yang saya buat bisa dibilang sangat primitive. Pembaca yang ahli pemrograman mungkin akan tertawa melihat listing program yang saya buat.

Tetapi belajar untuk membuat program sangat menarik dan membuat candu. Tidak terasa berjam-jam waktu bisa dihabiskan untuk merancang dan belajar algoritmanya, kadang tidak terasa sampai subuh. Ketika kita belajar pemrograman, walau tidak menjadi ahli dibidang tersebut, kita menjadi tahu bagaimana yang terjadi di belakang layar aplikasi yang kita biasa kita gunakan. Dan kita jadi menghargai programer yang menghabiskan waktu untuk membuat aplikasi tersebut, sehingga kita akan berpikir berulang kali untuk tidak membajak software hasil jerih payah seseorang. Nantikan tulisan lainnya mengenai pengolahan citra digital di blog ini.

Listing aplikasi berbasis bahasa Basic bisa anda download di file berikut. Walau mungkin sederhana, paling tidak sebagai sarana berbagi pengetahuan untuk mempelajari bahasa pemrograman. Saya yakin anda bisa membuat program yang jauh lebih baik dari ini. Listing program ini yang kemudian di compile menggunakan VB6 telah membantu saya untuk memahami dasar pengolahan citra serta menyelesaikan tesis untuk mengamati perubahan mutu buah duku selama penyimpanan.

Download: listing program

Location: Bogor, Jawa Barat

Time: August 2006

2 thoughts on “Pengolahan Citra Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s