Buah Merah

Masih di Wamena, Terlihat sesosok tanaman yang baru saya lihat penampakannya secara langsung. Bentuknya seperti pandan raksasa. Tanaman ini disebut sebagai tanaman buah merah (Pandanus conoideus). Dalam beberapa kali kesempatan saya juga melihat tanaman ini berada di Jayapura. Penduduk Wamena memanfaatkan buah merah untuk diambil minyaknya sebagai pengganti minyak kelapa karena katanya kelapa tidak berbuah di ketinggian ini, sekitar 1600 m dpl. Saya lihat ada pohon kelapa sebenarnya di sini, ternyata benar apa yang dulu di doktrinkan oleh Pramuka yang menggunakan kelapa sebagai simbolnya, bahwa kelapa bisa tumbuh dari pinggir pantai sampai pegunungan walau sepertinya bukan berarti bisa berbuah di mana saja. Saat foto ini diambil hanya berupa tanaman saja tidak ada buahnya.

Buah Merah

Tanaman Buah Merah

Salah seorang dosen perguruan tinggi terkenal di Papua, melihat potensi buah merah sebagai obat herbal ketika sedang melanjutkan pendidikannya. Banyak buku tentang buah merah mulai dari budidaya sampai pemanfaatannya. Potensi buah merah terkuak karena melihat penduduk Wamena yang sehat-sehat dan kuat. Entah karena mengkonsumsi minyak buah merah sebagai minyak goreng sehari-hari atau karena mereka tinggal di pegunungan, atau kombinasi, atau malah ada faktor lain yang kita belum ketahui (waduh naluri pertanyaan peneliti langsung bekerja…).

010820081647

Alam Wamena yang sangat cantik, cocok untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata.

Alam Wamena yang sangat cantik, cocok untuk dikembangkan sebagai lokasi wisata.

Saat itu buah merah sedang “in”. Di jual banyak minyak atau kapsul dari buah merah sampai ada gerai khusus buah merah di Jayapura. Entah sekarang penjualannya masih tinggi atau mengalamai nasib seperti banyak komoditas lain di Indonesia. Saat booming, orang berbondong-bondong ingin mencoba, bisa karena tergiur iklan di majalah, buku atau cerita mulut ke mulut yang kadang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Karena permintaan tinggi, terjadilah eksploitasi sehingga bisa mengancam keberadaan plasma nutfah di lingkungan aslinya. Lalu entah karena kemudian terjadi masalah di distribusi, atau produksi atau memang khasiat yang dijanjikan dan klaim-klaim kesehatan tidak terbukti, lalu orang mulai berbondong-bondong meninggalkan produk tersebut. Buah merah diklaim berpotensi bisa menyembuhkan atau paling tidak orang yang terkena HIV/AIDS tetap sehat. Entah klaim ini pada akhirnya terbukti atau tidak. Masih ingat kan komoditi seperti tanaman daun “gelombang cinta” yang menyihir banyak orang sampai mau mengeluarkan uang jutaan untuk selembar daun, yang hari ini dijual beberapa puluh ribu saja tidak laku (kalau dikasih mungkin masih mau..). Tetapi yang pasti, saat booming terjadi, bisa membuat beberapa orang sangat kaya raya dan beberapa lainnya kecewa karena salah investasi, karena tidak didasari oleh informasi yang benar tentang suatu produk.

010820081652010820081653

Generasi muda pelajar dan pramuka. Tetap semangat menuntut ilmu di tempat terpencil walau harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk ke sekolah.

Generasi muda pelajar dan pramuka. Tetap semangat menuntut ilmu di tempat terpencil walau harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk ke sekolah.

Location: Wamena, Papua, Indonesia

Time: Juli-Agustus 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s