Brewing Coffee

Masih dari pameran COTECA 2012, dipamerkan beberapa alat untuk menyeduh coffee, mulai dari perlengkapan biasa model drip, yang agak unik syphon sampai yang canggih espresso machine. Cara kerja mesin menggunakan metode drip adalah air dipanaskan pada tangki samping mesin. Lalu uap panas disalurkan ke bagian atas mesin yang berisi bubuk kopi kemudian peralahan cairan kopi akan menetes ke teko dibagian bawah.

Drip Coffee Machine dengan aneka pilihan warna sesuai kepribadian anda

Drip Coffee Machine dengan aneka pilihan warna sesuai kepribadian anda

Sedangkan syphon, saya sendiri belum pernah menggunakannya, tetapi prinsip menggunakannya sebagai berikut: air dibagian tangki bawah dipanaskan sampai mendidih, kemudian air tersebut akan melewati bubuk kopi dibagian tengah sampai air naik ke tangki atas. Setelah panas dihentikan, air akan terhisap kembali ke tangki bawah karena kondisi vakum. Sebenarnya prinsip kerja mirip moca pot, bedanya pada moca pot cairan akan tetap berada diatas. Siapa tahu ada pembaca yang mau mengirimkan atau meminjamkan produk syphonnya, saya akan mencobanya dengan senang hatišŸ™‚. Sementara saya sedang tidak bisa berburu peralatan kopi lainnya karena sudah ada beberapa koleksi yang sudah memenuhi lemari yang jadi terasa begitu sempit. Maklum tinggal di kost-kostan mahasiswa, tidak banyak tempat tersedia. Nantikan ya ulasan satu persatu peralatan brewing kopi yang saya miliki.

Syphon, bisa menggunakan spiritus atau batubara sebagai sumber pemanas. Lebih mirip alat lab. Unik.

Syphon, bisa menggunakan spiritus atau batubara sebagai sumber pemanas. Lebih mirip alat lab. Unik.

Metode espresso (red: bukan ekspresso atau expresso) ditemukan di Italia, jadi wajar kalau mesin-mesin espresso terbaik di dunia berasalah dari Italia. Salah satu mesin yang dipamerkan ini merupakan buatan Italia sampai terlihat di desain mesin menggunakan motif dari bendera kebangsaan Italia. Mesin untuk skala bisnis harganya lumayan mahal. Tetapi untuk skala home barista seperti yang saya miliki masih terjangkau untuk kantong mahasiswa, apalagi beli barang yang didiskon dari ebay. Salah satu keuntungan sekolah di luar negeri, kita bisa punya akun ebay dan paypal. Tinggal klik, barang terbaik dengan harga termurah yang bisa kita dapatkan dari tawar-tawaran model ebay bisa langsung terkirim sampai depan rumah kita, no sweat!!

Esspresso machine menghasilkan espresso

Esspresso machine menghasilkan espresso

100_4724

100_4725

Location: Hamburg, German

Time: September 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s