Indonesian Coffee at COTECA 2012

Terdapat beberapa gerai dari para produsen kopi, teh dan kakao dari Indonesia. Senangnya bisa bertemu rekan-rekan dari tanah air di belahan lain dunia. Beberapa produsen yang pameran berasal dari orang Indonesia yang berada di German. Pola seperti ini patut dikembangkan lebih lanjut. Kadang kita suka miris melihat produk dari negeri asia tenggara lain seperti Vietnam dan Thailand yang ada di German. Orang-orang Vietnam dan Thailand merantau lalau membuka jaringan toko, umumnya disebut Asia Laden. Juga restoran-restoran vietnam juga banyak. sedangkan toko dan restoran Indonesia bisa di hitung dengan jari tangan.

100_4789

100_4790

100_4788

100_4711

100_4708

100_4709

100_4799

100_4800

100_4801

Gerai dari perusahaan Indonesia

Gerai dari perusahaan Indonesia

Kalau saluran pemasaran bisa dikembangkan seperti ini, tentu pemasaran produk-produk dari Indonesia akan lancar dan bagus. Padahal produk-produk Indonesia bisa diadu dengan produk negara-negara lain. Situasi yang sering terjadi, produk bagus dari Indonesia dihargai murah di negeri kita sendiri karena tidak punya alternatif pemasaran, lalu dijual dengan harga yang berlipat-lipat di negara Eropa.

100_4795

100_4791 100_4792

100_4793

Produk-produk Cacao

Produk-produk Cacao

Produk Teh Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, kita ikut memasarkan Teh Botol Sosro Di Goettingen (padahal dijual dalam bentuk kotak, keliruminologi lainnya). Tidak bisa dipungkiri orang indonesia kangen dan fanatik dengan produk-produk negeri sendiri.

Produk Teh Indonesia. Dalam beberapa kesempatan, kita ikut memasarkan Teh Botol Sosro Di Goettingen (padahal dijual dalam bentuk kotak, keliruminologi lainnya). Tidak bisa dipungkiri orang indonesia kangen dan fanatik dengan produk-produk negeri sendiri.

100_4796

Cukup menarik bahwa kopi Indonesia dijual dari perusahan-perusahaan negara lain seperti Belanda dan Belanda. Jadi terasa lucu untuk saya, kopi Indonesia dijual pada stand pameran Indonesia, tetapi cup testing dilakukan stand negara lain yang bahkan memiliki sampel kopi Indonesia lebih bagus. Sebuah ironi. Pemerintah perlu memikirkan untuk membantu warga Indonesia yang berada di luar negeri, yang sekarang disebut sebagai Diaspora untuk mengembangkan usahanya dalam rangka memasarkan produk dari Indonesia sebagai rantai pemasaran. Dugaan saya usaha pemasaran melalui Diaspora yang didukung pemerintah Indonesia dengan fasilitas pembiayaan serta kemudahan ekspor impor akan membuat produk-produk Indonesia lebih terkenal dan laku di luar negeri.

100_4778 100_4779 100_4780 100_4781 100_4782

Produk Kopi Indonesia yang dipasarkan oleh perusahaan negara lain.

Produk Kopi Indonesia yang dipasarkan oleh perusahaan negara lain.

Perusahaan dari Belanda yang mempunyai gudang pengumpulan di Medan.

Perusahaan dari Belanda yang mempunyai gudang pengumpulan di Medan.

100_4757

Salah satu primadoni kopi dari Indonesia tentu kopi luwak. Hanya pemasaran kopi luwak mendapat tantangan dari LSM di eropa berhubung dengan hak asasi binatang. Ditambah kenyataan bahwa kopi luwak merupakan “pup” dari luwak dan harganya luar biasa mahal emrupakan hambatan pemasaran tersendiri. Tetapi kenyataannya, karena unik dan jarang, membuat orang penasaran dan tertantang untuk mencobanya. Saya mendapat sample gratis dari PT nirwana yan beralamat di Bekasi, kalau beli kocek mahasiswa saya tidak akan cukup. Rasa kopi luwak asli memang berbeda kata, seperti ada rasa smoke entah karena proses roasting atau memang khas luwak karena saya menemukan ciri khas smoke pada kopi luwak lain di Indonesia tetapi tidak seintensif yang dicoba dari perusahaan ini. Aroma dan taste sebenarnya tidak terlalu luar biasa kalau tidak mau dikatakan biasa, tetapi nilai after taste saya bisa nilai maksimal. After taste kopi luwak masih terasa beberapa jam setelah diminum. Saya menyeduh kopi luwak tersebut dirumah dengan espresso machine sehingga rasa lebih intens. Tetapi saya tidak menemukan rasa intens seperti ini pada kopi luwak lainnya yang pernah dicoba (juga gratis). Jadi tidak serta merta label kopi luwak menyebabkan kopi tersebut jadi enak, yang pasti mahal iya. Belum lagi penipuan kopi biasa dijual sebagai kopi luwak yang masih sulit pembuktiannya. Mengenai klaim bahwa asam di kopi luwak menurun karena proses di perut luwak dan klaim-klaim kesehatan lainnya tentu perlu dibuktikan secara ilmiah. Yang pasti, kpi luwak memberikan sensasi wah… Berani mencoba? atau berani membeli kopi luwak?

Kopi Luwak

Kopi Luwak

100_4747

 

Location: Hamburg, German

Time: September 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s