Kampus Kopi

Di salah satu bagian pameran COTECA 2012 terdapat bagian Kaffee Campus. Di arena ini, banyak organisasi dan perusahaan berbagi informasi mengenai kopi mulai dari penanaman, panen sampai menyajikan kopi. Ada kelas yang terbagi dalam berbagai segmen tergantung kebutuhan, apakah sekadar belajar informasinya saja atau mempertajam keahlian barista. Kelas reguler ada di Berlin, sebagai ausbildung untuk pendidikan lanjutan dalam rangka menjadi barista kopi yang handal dan siap bekerja di industri kopi mulai roasting sampai kerja di cafe.

Pelatihan Singkat

Pelatihan Singkat

100_4732

Informasi kualitas green dari berbagai negara. Gambar merupakan contoh Robusta dari Vietnam yang mempengaruhi harga kopi dunia. Padahak beberapa tahu lalu mereka belajar menanam kopi di Indonesia. Sebuah ironi.

Informasi kualitas green dari berbagai negara. Gambar merupakan contoh Robusta dari Vietnam yang mempengaruhi harga kopi dunia. Padahal beberapa tahu lalu mereka belajar menanam kopi di Indonesia. Sebuah ironi.

Seorang barista sedang menunjukkan kebolehannya menyeduh kopi

Seorang barista sedang menunjukkan kebolehannya menyeduh kopi

100_4778 100_4779

100_4837

Perusahaan yang menyelenggarakan sesi cup testing

Perusahaan yang menyelenggarakan sesi cup testing

Dalam kesempatan ini saya bertemu beberapa ahli kopi dan sedikit berbincang-bincang mengenai bagaimana cara menilai kualitas kopi. Salah satu ahli, dengan rendah hati dia tidak mengetahui banyak. Kemudian saya tanya, sudah berapa lama di industri kopi, dia jawab sudah 25 tahun. Ooowwww, ya pantas saya yang baru sedikit belajar mengenai kualitas kopi, sangat sulit memahami apa yang menjadi parameter kualitas kopi. Saya mulai diajari dari cara “menyeruput” kopi yang baik dan apa yang sebenarnya dicari. Ilmu yang bermanfaat tentunya dalam waktu sangat-sangat singkat dari ahli kopi yang sangat-sangat sibuk melayani pertanyaan dan diskusi dari peserta. Dan dunia kopi bukan hanya dominasi pria. Dalam sesi cup testing saya sempat berbincang dengan seorang perempuan asal India yang sudah ke beberapa negara bekerja sebagai pencicip kopi yang sudah dilakoninya beberapa tahun. Ya menarik bukan bila anda pecinta kopi, pekerjaan anda mencicipi kopi dan dibayar mahal!!!! Untuk sampai pada tahap ahli ini, tentu banyak jalan berliku dan rumit karena keputusan perusahaan membeli kopi tergantung dari lidah anda. Yang menarik buat saya, beberapa kopi dari Indonesia seperti Aceh dan Java disukai panelis ahli tersebut bahkan dibandingkan negara lain yang juga terkenal seperti Brazil dan Columbia. Masalah rasa dan aroma jelas kopi Indonesia punya posisi tawar tinggi, tinggal menjaga kualitas dan kualitas kopi sesuai permintaan pasar.

sluurrppppp..... coba lagi.... kapan lagi bisa mencoba kopi dari seluruh dunia di satu meja.. and gratis

sluurrppppp….. coba lagi…. kapan lagi bisa mencoba kopi dari seluruh dunia di satu meja.. and gratis

Setelah mencoba beberapa belas cangkir, lidah jadi terasa aneh

Setelah mencoba beberapa belas cangkir, lidah jadi terasa aneh

Bukan Panel Ahli

Bukan Panel Ahli

100_4842

100_4784

Panel ahli. Kelihatan dari pakaian dan bobot pembahasan :-)

Panel ahli. Kelihatan dari pakaian dan bobot pembahasan🙂

Dunia kopi bukan hanya di dominasi oleh pria

Dunia kopi bukan hanya di dominasi oleh pria

Location: Hamburg, German

Time: September 2012

One thought on “Kampus Kopi

  1. Pingback: Kopi Vietnam – Asia | Postharvestnotes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s