Kopi Kurma

Masih dari arena COTECA 2012, saya menghampiri gerai yang cukup unik. Mereka perusahaan dari Perancis dan mereka berbahasa arab dan perancis ketika berbicara satu sama lain. Hal tersebut bukan hal yang aneh karena banyak keturunan Afrika Utara juga Aljazair yang sudah hidup bergenerasi di Perancis. Bagi yang pernah menonton film District 13 (B13) dan sekuelnya B13 ultimatum tentu mengerti situasi ini (dan ternyata B13 tempat kelahiran seni halang rintang Parkour benar-benar ada). Juga siapa sih yang tidak kenal dengan Zinedine Zidane pemain bola asal Perancis yang kesohor itu.

Kopi Kurma

Kopi Kurma

Tentu perusahaan produsen kopi kurma tidak ada hubungannya dengan Zidane (hmmm.. mungkin juga masih ada hubungan keluarga?!😉.. yang dibahas diartikel ini adalah keunikan kopi yang mereka jual. Kopi yang mereka jual sama sekali tidak mengandung kopi (What?!!).. bahan baku yang digunakan 100% kurma. lalu kenapa juga juga disebut kopi ya… Mungkin seperti istilah salah kaprah di Indonesia seperti teh herbal. Teman saya seorang peneliti teh mencak-mencak dan tidak terima dengan istilah ini. Menurutnya teh jelas definisnya Camelia sinensis, dan herbal bukan teh. Anyway, kita tidak sedang membahas mengenai keliruminologi Jaya Supratna disini. Kalau mau dirunut banyak istilah yang salah kaprah seperti susu kedelai dan susu kental manis apakah itu benar-benar susu? Ok kita stop pembahasan keliruminologi, kembali ke kopi kurma.

Stand Pameran Tamara Coffee

Stand Pameran Tamara Coffee

Setelah saya bincang-bincang dengan salah satu penjaga stand, karena saya masih ada hubungan darah dengan Zidane (just kiding…. but seriously anak dari sepupu istri saya bernama Zidane.. halah), saya ditawari untuk mencicipi kopi kurma. Rasanya lumayan, mendekati kopi walau rasa kurmanya masih terasa (ya iyalah namanya juga kopi kurma). Manfaatnya banyak untuk jaga kesehatan, yang jelas bisa sebagai subtitusi atau pengganti bagi yang kecanduan minum kopi tapi mengalami masalah jantung dan lain-lain akibat kafein intoleran (saahhhh istilah ngarang). Sebuah inovasi yang menarik menurut saya. Dan tidak lupa saya minta kartu namanya, siapa tahu produk ini bisa dijual nanti sekembalinya ke tanah air😉.

Pose dengan "saudaranya" Zidane

Pose dengan “saudaranya” Zidane

Atau mungkin bisa saya buat sendiri sepertinya? merujuk ke situs produsen kopi kurma di thepalmtreehouse.com, kopi kurma merupakan tradisi Beduin, merujuk suku asli penghuni padang pasir, dibuat dengan cara me-roasting bij kurma. Hmmm sepertinya bisa coba dibuat nih. Sebuah alternatif menarik untuk para pecandu kopi. Hasil uji rasa bisa dilihat merujuk pada situs produsen yang bersangkutan. Produsen ini juga menghasilkan kopi “biasa” dari terbuat dari kopi robusta. Silahkan dicoba……

 

Location: Hamburg, German

Time: September 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s