Uji Coba Vanilla

Kenal dengan penyanyi tempo doeloe Vanilla Ice dengan lagu hits (dan sepertinya satu-satunya lagu yang hits) ice ice baby? tulisan ini tidak membahasa chart lagu, tetapi tanaman vanilla (Vanilla sp.) yang kadang di Indonesia disebut vanili, atau panili di BogoršŸ˜‰. Vanilla merupakan pemberi rasa dan aroma yang disukai kalau tidak bisa dibilang paling favorit. Anda kemungkinan suka es krim rasa vanilla, dan hampir semua kue dan roti biasanya ditambah vanilla agar tambah sedap dan nikmat. Nah, jangan salah kaprah jika anda mengkonsumsi kue atau es krim “rasa vanilla”, sangat beda dengan es krim vanilla. Loh bedanya dimana? es krim rasa vanilla kemungkinan merupakan artifisial atau vanilla buatan atau sintetis. Jadi bukan benar-benar vanilla yang ditambahkan ke dalam es krim tersebut, tetapi sesuatu bahan yang mempunyai rasa dan aroma yang mirip dengan vanilla. Kenapa? karena bahan tersebut pasti jauh lebih murah dari vanilla asli dan bisa menekan harga jual produk, dengan rasa yang mendekati vanilla asli. Harga produk makin murah, akan makin banyak yang beli, produsen akan makin untung bukan (hanya asumsi awam saja).

Pak Wahid sedang inspeksi lapang

Pak Wahid sedang inspeksi lapang

270720081344Dalam satu tayangan dokumenter yang pernah saya lihat, vanilla terbaik di dunia berasal dari Nusa Tenggara. Hmmm selalu saja produk terbaik dunia berasal dari Indonesia, tetapi sepertinya distribusi pendapatan dari hasil komoditas belum bisa mensejahterakan petani (lah ini kok jadi bicara ekonomi pertanian, sepertinya masih terpengaruh seminar doktoran yang saya ikuti berturut-turut minggu ini dari departemen ekonomi pertanian dan pengembangan wilayah).

270720081350

Pandu dengan handuk kecilnya di bahu yang kemudian hilang entah di mana

Nah, Papua juga mencoba mengembangkan tanaman vanilla ini. Saya dan Pandu (Saat ini sedang kuliah bidang ekonomi di Australia) diajak oleh Pak Wahid (kemudian menjadi Kepala BPTP Papua Barat) untuk melihat uji coba tanaman vanilla di daerah Keerom, beberapa jam dari Jayapura. Sebenarnya hasil awal masih belum menggembirakan karena sepertinya terjadi beberapa permasalahan di lapang. Uji coba ini bekerjasama dengan pemerintah daerah Papua. Memang seharusnya demikian, pemerintah daerah memberi perhatian penuh untuk pengembangan komoditas yang bisa memberikan kesejahteraan kepada warganya.

Tanaman vanili masih dalam fase vegetatif alias belum berbunga

Tanaman vanili masih dalam fase vegetatif alias belum berbunga

270720081345

Tempat perambatan vanila bisa memanfaatkan pohon atau ajir

270720081346

Foto-foto yang ditampilkan merupakan vanilla pada vase vegetatif (vase pertumbuhan). Tanaman tumbuh merambat pada ajir atau tumbuhan lain. Dilokasi terlihat vanilla tumpangsari dengan tanaman lain. Biasanya lamtoro digunakan sebagai tempat merambat, tetapi jika tanaman komersial seperti buah-buahan digunakan akan lebih bagus untuk meningkatkan hasil pendapatan petani. Dalam satu lahan bisa panen beberapa komoditas unggulan sekaligus. Tentu perlu dipertimbangkan tingkat nanungan. Tingkat naungan terlalu tinggi akan menyebabkan produksi menurun. Juga bisa menimbulkan penyakit tanaman karena iklim mikro terlalu di sekitar tanaman lembab. Penyakit tanaman terlihat pada beberapa daun vanilla. Pembaca ada yang tahu apa jenis penyakitnya berdasarkan gejala atau symptom yang terlihat di foto? Dugaan saya ini merupakan Calospora vanillae,Ā atau ada pendapat lain?

270720081353

Penyakit tanaman pada vanila

Penyakit tanaman pada vanila

Location: Keerom, Papua, Indonesia

Time: July 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s