Coffee To Go Dari Swalayan

Di swalayan yang biasa saya kunjungi, terdapat coffee to go buatan swalayan tersebut. Harga yang relatif murah membuat saya jadi tertarik untuk mencoba. Kopi diletakkan dalam lemari pendingin penjualan serta terdapat tanggal kadaluarsa yang singkat, meyakinkan saya bahwa kopi ini tanpa bahan pengawet. Apalagi dengan ada certificate jaminan mutu, tentu tidak ada salahnya mencoba rasanya. Beberapa hari kemudian setelah membeli coffee to go dan disimpan dilemari pendingin, saya melakukan uji organoleptik. Hasilnya saya kurang suka karena dingin, rasa dan aroma kopi tertutupi campuran bahan lain (mungkin perisa?) dan terlalu manis. Mungkin ini kesulitan yang harus dihadapi jika kopi diproduksi menjadi produk jadi siap minum. Tetapi jika anda menyukai minuman manis dan cuaca sedang panas, tidak ada salahnya mencicipi minuman tersebut sebagai penghilang dahaga. Alternatif produk ini perlu dijadikan pertimbangan untuk memanfaatkan grade green bean yang rendah. Produk grade rendah pun masih bisa dimanfaatkan, tentu dengan “memanipulasi” rasanya sedikit dengan menambah perisa vanilla, caramel, coklat, gula dan lainnya agar hasil produksi minuman kopi tetap diminati oleh konsumen. Saya yakin produk ini tetap laku dipasaran, apalagi dengan kemasan dan harga yang menarik. Hanya sayangnya secara subjektif saya kurang suka (kecuali kondisi panas dan gerah mungkin akan terasa enak juga…..).

2014-03-26 08.00.25

Kemasan dan harga menarik tetap membuat minat calon pembeli.

Kemasan dan harga menarik tetap membuat minat calon pembeli.

Location: Göttingen, German

Time: March 2014

Leave a Reply

