Kopi Italia

Penasaran dengan cerita teman yang pernah mencicipi espresso di Italy, saya mencicipi cappucino buatan orang Italy. Sampai saat ini belum ada kesempatan untuk berkunjung langsung ke Italy, cafe Italy yang berada di Dresden, German saya rasa cukup mewakili lah. Cafe ini terletak di samping Frauenkirche, sebuah gereja yang terkenal di kota Dresden dan menjadi ikon wisata. Saya membeli coffee to go saja, alias tidak nongkrong di cafe karena sedang menjelajahi beberapa lokasi dan rombongan kita sedang nongkrong menikmati pemandangan indah di tepi sungai Elbe.

Bagian dalam cafe

Bagian dalam cafe

IMG_9151

Pelayan menyampaikan pesanan kopi ke Barista

Penataan meja dan ruangan yang cantik

Penataan meja dan ruangan yang cantik

Seperti cafe lainnya di area ini, terdapat bangku diluar cafe untuk konsumen yang menghendaki duduk diluar menikmati matahari. Terlihat pelayan bapak separuh baya yang sigap melayani setiap orang yang datang dengan gaya “butler” di hotel mahal. Setelah menyapa saya dan mempersilahkan duduk menggunakan bahasa Italy (dugaan saja karena saya tidak mengerti apa yang dia omong). Mungkin dia duga saya orang Italy karena memakai kacamata hitam gaya karena matahari sedang panas sehingga mirip Del Piero (saahhhh… narsis woi…). Lalu saya jawab dengan bahasa German pas-pasan saya hanya mau beli cappucino dan dibawa pergi. Lalu oleh Bapak tersebut saya dipersilahkan masuk untuk pesan di dalam.

Barista sedang bekerja

Barista sedang bekerja

Daerah kerja dan perlatan yang digunakan

Daerah kerja dan perlatan yang digunakan

Sampai di dalam restoran, juga disapa Barista dengan bahasa Italy dan dipersilahkan duduk. Saya ulangi lagi hanya mau pesan cappucino terus pergi. Wah ini pasti pengaruh kacamata hitam yang saya pakai sampai dikira orang Italy hehehešŸ˜‰ Bagian dalam cafe ciamik, bersih dan tertata apik. Saya meminta ijin untuk mengambil foto saat Barista sedang bekerja membuat kopi. Saya ingin melihat mesin espresso yang digunakan. Setelah cappucino jadi, Barista menawarkan gula sebagai tambahan dan saya tolak karena ingin merasakan hasil buatan mesin espresso dari Italy tanpa gangguan rasa lain.

Cappucino ohne zucker

Cappucino ohne zucker

Hasilnya memang mantab. Memang rasanya strong, rasa pahit minim dan asam kuat dan aroma kopi kuat. Aftertaste juga mantab, masih terasa wangi kopi beberapa saat setelah diseruput. Jelas ini hasil dari fresh coffee dan mesin espresso yang bagus. Espresso sendiri diciptakan di Italy, jadi wajar kalau mereka advance dalam teknologi brewing tersebut. Mesin espresso home edition yang saya miliki, not even close untuk mencapai kekuatan rasa seperti kopi Italy tersebut. Mesin espresso home edition sulit untuk mempertahankan tekanan pada 12-15 atm dan suhu stabil selama +-25 detik brewing. Hmmm suatu pengalaman bisa minum kopi yang dibuat oleh Barista Ltaly dan mesin espresso Italy, mudah-mudahan ada kesempatan pada suatu waktu menikmati kopi langsung di Italy.

Frauenkirche. Sebagia besar restoran memiliki area tempat duduk diluar agar konsumen bisa menikmati keindahan kota.

Frauenkirche. Sebagia besar restoran memiliki area tempat duduk diluar agar konsumen bisa menikmati keindahan kota.

Location: Dresden, German

Time: Mei 2014

One thought on “Kopi Italia

  1. Pingback: Kopi Italia – Eropa | Postharvestnotes

Leave a Reply

