New Kid On The Block

Hanya dalam waktu dua hari, pesanan green bean dari Hamburg tiba. Saya memesan green bean tersebut lewat website Speicherstadt, tinggal klik klik, beres barang di kirim ke wohnung via DHL. Cepat, aman dan terjamin. Ini yang membuat bisnis online di German laku keras karena penjual dan pembeli saling percaya karena didukung sistem yang kuat. Pembeli yakin barang yang dikirim sesuai spesifikasi di web dan foto yang ditampilkan. Penjual yakin barang dibayar. Barang juga dijamin via pihak ketika pos atau DHL. Bank atau Paypal menjamin sistem pembayaran. Kalau ada yang tidak sesuai, tinggal klaim biasanya barang diganti atau uang kembali. Masih masalah? polisi siap menerima laporan dan segera ditindaklanjuti. Jarang kalau ada masalah kemudian sampai polisi karena penjual dan pembeli sama-sama menghindari ini. Karena sekali lancung ke ujian, masing-masing pihak bisa membuat bewerbung berisi komplain bahwa penjual a atau pembeli b tidak bisa dipercaya, dan habislah karir anda di dunia online jual beli. Secara fikih dalam agama yang saya anut, transaksi bisa terjadi karena saling percaya. Sedangkan permasalahan dinegara kita, kadang terjadi (bukan selalu loh ya), barang yang dikirim tidak sampai, atau memang tidak dikirim, atau barang yang dikirim isinya beda. Dan ketika terjadi permasalahan, lapor ke siapa, kalaupun bisa lapor, kapan ditindaklanjuti? tidak heran negara kita sering diblack list untuk urusan bisnis online sehingga tidak bisa menggunakan paypal, ebay, dan pembelian melalui kartu kredit banyak yang mengecualikan Indonesia. Mudah-mudahan presiden dan kabinet RI baru kelak bisa membangun sistem negara yang lebih baik lagi.

Paket dipesan via online

Paket dipesan via online

Saya memesan green bean arabika dari Bali Kintamani, Australia dan Honduras Amerika Latin. Untuk review masing-masing pada kesempatan lain. Tiga green bean dari lokasi 3 belahan benua berbeda, untuk menggantikan koleksi sebelumnya dari Java Blawan, Yemen Mocca Matari, Sulawesi Kalosi dan Brazil yellow Bourbon Fazenda Rainha juga dari perusahaan yang sama yang mulai habis. Untuk sekilas, hasil roasting saat saya mengadakan diskusi dan pelatihan kopi, ketiga kopi tersebut memberikan hasil warna biji yang berbeda padahal menggunakan waktu roasting yang sama. Saya penasaran dengan kopi Australia karena seharusnya benua ini tidak terkenal dalam radar perkopian. Ternyata mereka menghasilkan 200 ton per ha. Tidak banyak. Karena itu harganya cukup mahal 25 euro per kg, hampir sama dengan Yemen mocca. Sekilas biji kopi australia kecil, lebih mirip ukuran jenis Robusta. Honduras juga belum pernah saya coba, jadi saya pesan juga. Di dalam kemasan kopi bali, sayang sekali terdapat satu biji yang sepertinya terkena serangan serangga. Hmmm nanti ya saya cari-cari info dulu apa jenis serangga yang mungkin menyerang dan kenapa sampai ada di kopi Bali ini.

Green Bean

Green Bean

Biji terkena serangan serangga

Biji terkena serangan serangga

Satu kopi lagi yang jarang, kopi dari kuba. kopi ini saya peroleh saat PPI Goettingen ikut serta diacara kulturenmesse yang diselenggarakan Rathaus atau balaikota. Kita selalu mengikuti event ini. Kita menampilkan tarian-tarian tradisional Indonesia (silahkan lihat di youtube PPI Goe TV) serta makanan-makanan Indonesia yang selalu ludes terjual seperti es cendol, martabak, tahu isi, risoles. Satu stand dari kuba mempromosikan produk-produk negara mereka seperti cerutu kuba yang terkenal itu, minuman keras dan ada kopi. Produksi mereka tidak banyak dan tidak dijual ke banyak negara. Jadi suatu kesempatan yang menarik bisa mencicipi kopi Kuba ini. Review kopi kuba pada kesempatan lain. Jadi kopi-kopi yang baru saya peroleh ini sudah bergabung dengan teman-temannya yang lain dilemari penyimpanan.

Kopi Kuba

Kopi Kuba

Location: Göttingen, German

Time: Juni 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s