Baklava

Baklava merupakan manisan berasal dari negara Turki, sebagian klaim kue tersebut berasal dari Persia atau Iran. Baklava mudah ditemui diseputaran Istanbul, baik yang fresh oven maupun yang sudah dikemas sebagai oleh-oleh. Anda bisa membelinya satuan dengan cara ditimbang berdasarkan berat atau beli dalam satu loyang. Selain itu banyak kue manis lainnya yang menggoda mata dan lidah. Untuk anda yang beresiko tinggi diabetes sebaiknya jangan coba-coba untuk mencicipinya.

Baklava, biasanya berisi kacang pistachio

Baklava, biasanya berisi kacang pistachio

Saya sendiri kurang begitu suka makanan manis, tetapi masa sih sudah jauh-jauh sampai di Turki tidak mau mencoba makanan khas sini? akhirnya saya memberanikan diri membeli beberapa potong baklava. Ketika pertama digigit dan dikunyah, jleb manisnya langsung terasa ke otak. Glukosa kadar tinggi langsung masuk ke peredaran darah dan membuat hilang sedikit kantuk di otak karena cuaca yang sedang gerimis-gerimis kecil. Bahkan untuk menghabiskan satu potong baklava butuh perjuangan.

Display baklava di toko. Bisa beli per buah atau satu loyang.

Display baklava di toko. Bisa beli per buah atau satu loyang berdasarkan berat.

 

Aneka kue serba manis

Aneka kue serba manis

IMG_7796

IMG_7797

IMG_7798

IMG_7794

Ternyata, setelah habis potonga pertama malah membuat ketagihan. Potongan berikutnya pun juga dilahap perlahan-lahan. Kemudian saya baru menyadari ternyata baklava juga dijual di warung doner kebab di German. Harga beragam dengan rata-rata 50 cent per buah. Untuk penghematan, saya berkonsultasi ke mbah google dan youtube bagaimana cara membuat baklava. Ternyata mudah dan murah. Pada tulisan berikutnya akan dibahas bagaimana membuat baklava sendiri dengan cara cepat dan ga repot.

 

Location: Istanbul, Turki

Time: Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s