Membuat Baklava Rumahan

Membuat baklava mudah selama bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia. Baklava merupakan lapisan kue pastri manis dengan filer bisa bermacam-macam tetapi biasanya kacang. Baklava yang berharga mahal berisi kacang pistachio. Memang kacang ini mahal, harga kacang ini per 100 g bisa mencapai 2 euro. Selain mahal, ribet harus mengupas kacangnya dan kemudian mencacah kacang tersebut menjadi potongan-potongan kecil. Pertama saya mencoba membuat baklava menggunakan filer pistachio, memang rasanya uenak tetapi ribet dalam persiapan bahan serta menguras kantong. Pistachio berwarna hijau, sering menjadi oleh-oleh haji di Indonesia.

Kulit pastry baklava berisi 10 lembar.Buat menjadi 20 tumpukan. Simpan dibawah suhu 7 C

Kulit pastry baklava berisi 10 lembar.Buat menjadi 20 tumpukan. Simpan dibawah suhu 7 °C

Setelah menelusuri rak swalayan, ada jenis kacang lain yang jauh lebih murah dan sudah siap pakai. Ga pake repot. tinggal tuang kacangnya ke dalam lapisan baklava, beres tanpa perlu potong-potong lagi. Berikut cara membuatnya. Siapkan lembaran pastry, bisa anda buat sendiri tetapi akan lebih praktis dan murah membelinya di swalayan. Untuk wilayah Göttingen, anda bisa membelinya di toko halal Al Iman sebelah masjid. Ada beragam merk dan harga serta kemasan, tinggal pilih sesuai selera. Dari pengalaman, satu kemasan bungkus pastry baklava bisa untuk 3 loyang baklava seukuran loyang brownies. Setelah membeli, simpan kulit pastry baklava dalam kukas, suhu penyimpanan harus dibawah 7 °C. Sebaiknya ketika bungkus sudah dibuka harus segera dihabiskan karena cepat berjamur dalam jangka waktu beberapa hari walau tetap disimpan di kulkas.

Kulit pastry mudah ditemui. Kalau ada waktu bisa buat sendiri walau akan lebih ribet.

Kulit pastry mudah ditemui. Kalau ada waktu bisa buat sendiri walau akan lebih ribet.

Kulit pastry dalam bentuk lembaran, ada 10 lembar. Potong seukuran dengan loyang yang digunakan. Saya menggunakan loyang ukuran standard brownies. Olesi loyang dengan mentega cair. Lelehkan mentega terlebih dahulu, dua sendok makan mentega sudah cukup untuk 1 loyang kecil. Kemudian letakkan kulit pastry satu per satu, setiap lapisan diolesi mentega tapi jangan banyak-banyak, tipis saja, ala kadarnya. Olesan mentega terlalu banayak akan menyebabkan kulit pastry basah saat direndam cairan gula. Setelah lapisan kesepuluh, letakkan filer berupa potongan kacang mandel dan remah kacang kemiri (haselnuss). Prinsipnya bisa kacang apa saja sesuai selera. Remahan kacang penting untuk menjaga lapisan tengah berisi kacang menjadi rapat dan stabil, dibandingkan hanya menggunakan pecahan kacang saja tanpa remahan. Bisa diganti remahan roti jika anda suka. Lalu tutup lagi dengan 10 lapis pastry berikutnya dengan tiap pastry tetap diolesi mentega cair mengunakan kuas.

Kulit pastry dibuat di Köln, German

Kulit pastry dibuat di Köln, German

Sebelum dimasukkan oven, potong adonan baklava di loyang. Potong jangan sampai dasar, cukup setengah saja agar nanti cairan gula tetap berada ditengah dan bisa terserap merata ke seluruh lapisan. Kalau dipotong sampai dasar, lapisan gula cenderng akan mengumpul dibawah sehingga bagian bawah baklava akan lembek sedangkan bagian atas kering. Kemudian oven baklava pada suhu 160-180 °C selama 30 menit. Ini hanya perkiraan suhu dan waktu, anda harus mencoba sendiri untuk mengetahui waktu dan suhu yang tepat berdasarkan jenis oven dan jumlah baklava yang anda miliki.

Kacang potong siap pakai

Kacang potong siap pakai

Filer agar isi stabil. Bisa diganti dengan remah roti.

Filer agar isi stabil. Bisa diganti dengan remah roti.

Sambil menunggu baklava selesai dipanggang, buat cairan gula. Prinsipnya satu bagian air dengan 2 bagian gula. Saya menggunakan 1 cup gula dengan 1/2 cup air. Tambah air mawar, kayu manis atau madu untuk membuat rasa makin maknyus. Mengenai gula dan campuran tentu tergantung selera anda, apa mau manis aja atau manis banget baklavanya. Jangan lama-lama masak cairan gulanya, kira-kira 7-9 menit sampai gula sudah mencair merata menjadi sirup. Satu kali saya pernah terlalu lama sehingga sirup gula menjadi sangat kental dan malah menjadi karamel dipermukaan baklava saat dituang ke baklava.

Salah satu campuran rahasia baklava. Air mawar membuat harum dan rasa enak.

Salah satu campuran rahasia baklava. Air mawar membuat harum dan rasa enak.

Setelah selesai dipanggang, keluarkan baklava dari oven dan tuang cairan sirup yang sudah jadi. akan terdengar suara seperti benda panas diberi air. Siram merata. Gunakan perasaan, apakah sirup yang diberikan sudah cukup, jangan sampai kebanyakan karena baklava akan menjadi lembek dan basah. Simpan semalaman agar cairan sudah cukup terserap di seluruh bagian baklava. Sevelum konsumsi, potong lanjutan baklava sampai dasar loyang. Siap sajikan.

100_9174

100_9177

Anda tidak akan tahan godaan untuk menyimpannya semalaman, percayalah……

Bisa langsung dinikmati, tidak sabar harus menunggu...

Bisa langsung dinikmati, tidak sabar harus menunggu…

100_9175

Location: Göttingen, German

Time: Juni 2014

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s