Standar Kesejahteraan Hewan untuk Luwak: Pakan

Seperti yang pernah disebutkan pada artikel lain, kesejahteraan hewan menjadi salah satu isu sentral untuk pengembangan industri kopi luwak. Untuk menjamin kesejahteraan, luwak perlu diperhatikan dalam hal kandang, pakan dan keeper (pemelihara luwak). Artikel kali ini membahas mengenai pakan untuk luwak.  Silahkan melihat video berikut untuk menyaksikan aktifitas pemberian makan untuk luwak di kopi luwak manglayang (KLM) yang cukup mengasyikkan.

Hal penting yang harus diperhatikan adalah luwak merupakan hewan nokturnal, artinya hewan tersebut beraktifitas pada malam hari, termasuk aktifitas makan. jadi waktu pemberian makan harus diperhatikan dengan benar. KLM memberikan pakan luwak sekitar jam 5 sore. Pada pagi sampai sore luwak tidak melakukan aktifitas apa-apa alias tidur, mungkin karena bergadang semalaman😉 Pada siang hari ini luwak jangan diganggu karena akan menyebabkan luwak stress. Bayangkan saja jika anda melakukan ronda pada malam hari setiap hari dan diganggu suara berisik pada siang harinya.

Buruan atuuhhhh, dah lapar nih....

Buruan atuuhhhh, dah lapar nih….

Buah sebagai menu pembuka

Buah sebagai menu pembuka

Penyiapan kornet

Penyiapan kornet

Snack

Snack

Karena aktifitas pemberian makan berlangsung secara rutin dan terjadwal, sekitar jam 4 sore, luwak mulai terdengar suara mulai bergerak.Mungkin mereka sudah merasa lapar. Dan makin bertingkah jika kita dekati, luwak mungkin berharap sudah ada makanan untuknya.

nyam.......nyam.......

nyam…….nyam…….

cerry merah kopi snack untuk menemani begadang di malam hari

cerry merah kopi snack untuk menemani begadang di malam hari

Jangan lupa minumnya

Jangan lupa minumnya

Hal penting lainnya adalah luwak merupakan pemakan segala, tetapi mempunyai kecenderungan menyukai buah. Nah pakan pertama yang diberikan adalah pisang. Kemudian kornet dan nasi. Ya luwak juga butuh protein hewani untuk menjaga nutrisi tubuhnya. Kemudian sebagai snack adalah cerry merah kopi. Dan jangan lupa siapkan tempat untuk air minum. Makanan untuk luwak tetap harus dihjaga kualitas dan kuantitasnya. Jangan salah, beberapa luwak disini malah sudah mulai kegemukan sehingga harus menjalankan program diet😉

IMG_0239-1

Pemberian pakan untuk luwak yang dipelihara pada alam terbuka

Pemberian pakan untuk luwak yang dipelihara pada alam terbuka

Banyak yang salah kaprah, memaksakan luwak untuk hanya memakan buah cery merah kopi, Tentu saja luwak akan menjadi stress, karena biji kopi hanya sebagai snack untuk mereka. Seperti juga manusia akan stress klau sehari-hari hanya makan kacang goreng misalnya, tanpa dipenuhi makanan dari sumber lain. Selain bosan juga tentu akan sakit perut😉

Beberapa saat kemudian....... fresh from the oven ;-)

Beberapa saat kemudian……. fresh from the oven😉

Nah, setelah anda mengetahu jenis pakan luwak, tentu mula memaklumi kenapa harga kopi luwak menjadi mahal. Dan ingat, musim kopi hanya ada sekitar 4 bulan pada april-agustus, sedangkan pada bulan lainnya luwak tetap harus diberi makan tanpa ada kopi yang dihasilkan. Tertarik untuk melihat aktifitas pemberian pakan untuk luwak? silahkan kontak langsung dengan KLM.

Location: Bandung, Indonesia

Time: August 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s