Kandang Luwak

Selain pakan, syarat lain agar luwak sejahtera yaitu kandang. Sama seperti manusia, kita juga menghendaki rumah yang nyaman dan aman. Seperti yang sudah kita ketahui luwak merupakan hewan nokturnal, yaitu hewan yang beraktifitas malam hari. Jadi pada waktu siang hari, pastikan kandang luwak terhindar dari sinar matahari agar luwak bisa tidur dan beristirahat dengan baik. Konsep kandang luwak yang diterapkan kopi luwak manglayang (KLM) ada dua. yaitu dalam kandang berbentuk kurungan dan kandang besar.

Rumah dengan dua kompartemen

Rumah dengan dua kompartemen

lantai dan sanitasi untuk memudahkan pembersihan kandang setiap hari

lantai dan sanitasi untuk memudahkan pembersihan kandang setiap hari

Pada kandang berbentuk kurungan berukuran 2.5 x 2.5 x 2.5 m3, cukup luas untuk ukuran luwak. Setiap kandang hanya berisi satu ekor luwak karena luwak bersifat soliter, artinya dia hidup sendiri. Jika ada hewan lain, kemungkinan besar akan berkelahi. Memang ada kandang yang berisi dua ekor, ini dikarenakan dari kecil kedua luwak tersebut sudah terbiasa bersama dan tidak mau dipisahkan.

Ngaso dulu di tangga rumah

Ngaso dulu di tangga rumah

Merenung sore hari di dipan kandang....

Merenung sore hari di dipan kandang….

Fasilitas kandang tergolong mewah. didalam kandang ada kompartemen berisi dua sekat, satu untuk ruang tidur dan satu untuk beranda, kalau luwak mau berleha-leha menikmati waktu santai. Kemudian juga ada tangga dan tempat bermain seperti ayunan. Tidak ketinggalan kursi memanjang dibagian bawah jika luwak ingin ngaso diluar. Jika lelah bermain, tempat berisi air bersih selalu tersedia. Besar kandang cukup nyaman sehingga luwak dapat bergerak dengan bebas. Setiap kandang juga tertera nama luwak dan info penting lainnya.

Setiap luwak memiliki nama

Setiap luwak memiliki nama

Kandang besar berukuran 10 x 20 m2, konsep yang sedang diuji coba. Konsep yang hendak dituju adalah luwak merasa seperti bebas di alam liar. walaupun begitu, ketika saya dekati, luwak yang ada dikandang besar tersebut tetap jinak dan bisa disentuh. dalam kandang besar tersebut juga terdapat kompartemen seperti pada kandang kecil. Kelebihan pada kandang besar ini, luwak bisa bermain-main di pohon kopi yang ditanam di dalam kandang besar.

Fasilitas yang diberikan pada kandang terbuka

Fasilitas yang diberikan pada kandang terbuka

Pohon kopi sebagai sarana bermain

Pohon kopi sebagai sarana bermain

jadi dengan memperhatikan kesejahteraan hewan, diharapkan kopi luwak yang dihasilkan memenuhi standar welfare sehingga mudah diterima oleh pasar luar negeri. Selain itu juga dapat sebagai tempat konservasi luwak. Populasi luwak bisa menyusut jika banyak luwak yang mati karena teknik pemiliharaan yang salah. Melalui pemeliharaan yang baik ini, KLM berhasil menangkarkan luwak yang tadinya mengalami kondisi kritis dari tempat lain, dengan ciri bulu rontok dan stress, kemudian menjadi luwak yang sehat dan berbulu bagus. Usaha yang dilakukan KLM ini patut mendapat apresiasi dan bisa menjadi salah satu rujukan untuk membuat standar pemeliharaan luwak yang baik.

Location: Bandung, Indonesia

Time: August 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s