Coklat Prague

Sebagai salah satu tujuan wisata murah meriah, Prague atau Praha dalam bahasa Indonesia, memproduksi banyak hal-hal yang berhubungan dengan souvenir atau oleh-oleh, mulai dari kerajinan tangan sampai produk makanan. Salah satunya adalah coklat. Praha merupakan salah satu kota di negara Ceko (dulu cekoslovakia yang kemudian pecah menjadi dua negara), merupakan kota yang indah penuh dengan gedung dan istana bergaya baroque. Saya tahunya kata “bohemia” itu dari lagu terkenal Bohemian Rapsody karya Queen. Entah apakah ada hubungannya atau tidak. Ternyata Bohemia merupakan kerajaan abad pertengahan di daerah Eropa, dan menghasilkan kaya arsitektur bangunan yang disebut Baroque. Hampir seluruh kota mempunyai gaya arsitektur yang menarik. Jalan-jalan di kota ini tidak membosankan, apalagi banyak kuliner enak dan murah. Banyak turis dari seluruh wilayah eropa bahkan asia yang datang ke kota ini, selain karena indah dan bersejarah juga termasuk murah untuk kalangan backpacker.

Ada museum coklat juga di kota ini. Sebenarnya kota ini tidak begitu terkenal dengan produk coklatnya, tetapi saya lihat mereka cukup serius untuk mengembangkan produk-produk coklat walau rasanya masih belum setara dengan coklat buatan German atau Belgia. Entah apakah ini berhubungan dengan suhu udara yang tidak begitu dingin dibandingkan German sehingga produk coklat harus menyesuaikan. Saya perhatikan di kemasan, coklat diproduksi oleh perusahaan dari German. Seharusnya dari segi teknologi tidak akan ada masalah, jadi sepertinya memang jenis produk yang dihasilkan disesuaikan dengan lokasi.

Coklat Prague

Coklat Prague

Rasa coklatnya malah lebih mirip dengan coklat produksi Indonesia, rada keras, sedikit pahit dan kurang aroma (jadi ingat coklat ayam🙂 ). Tapi secara umum cukup layak dijadikan oleh-oleh, apalagi dengan kemasan bermotif lukisan kota Praha.  Indonesia juga bisa menirunya. Setiap daerah penghasil kakao di Indonesia mempunyai rasa yang unik, serta ke khasan daerah masing-masing. Dan bisa menjadi sumber inspirasi motif kemasan yang unik. Kualitas produk tidak perlu coklat paling bagus, cukup kualitas menengah saja tetapi mempunyai harga yang terjangkau. Ayo sahabat-sahabat pembaca, produksi coklat pada daerah masing-masing!!! Bantu perekonomian daerah dengan cara memproduksi produk pangan yang khas.

Location: Prague, Ceko

Time: September 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s