Gelato

Gelato merupakan jajanan sejenis es krim yang berasal dari Italia. Ada perbedaan mendasar antara gelato dengan es krim. Es krim, sesuai namanya, adalah krim yang dibekukan.  Volume udara dalam es krim bisa mencapai 100%, bahkan bisa lebih mencapai 150%. Artinya, dalam es krim, setiap 1 liter adonan akan dimasukkan 1-1.5 liter udara ke dalam adonan. Udara? ya anda tidak salah membaca. Perhatikan ketika anda membeli es krim, es krim akan cepat mencair, dan ketika sudah mencair tidak akan kembali ke volume semula. Suhu penyimpanan es krim akan lebih rendah dari gelato, sekitar -18 °C. Selain itu, campuran es krim akan mengandung banyak krim atau lemak susu.

Gelato

Gelato

Ada dua cara membuat gelato. cara panas dan dingin. Cara panas yaitu susu dipanaskan secara pasteurisasi, kemudian ditambah gula, garam, sedikit pengental (bisa tepung jagung dan sejenisnya) serta bahan sesuai resep favorit, bisa coklat, vanilla atau lainnya, diaduk-aduk, setelah cukup dingin bisa disimpan di dalam freezer suhu -12 sampai -15 °C. Cara dingin harus dengan menggunakan alat/ mesin khusus, susu beserta bahan2 lainnya diaduk-aduk sambil didinginkan kemudian dicetak menggunakan extruder, sehingga didapat gelato yang lembut. Kandungan udara dalam gelato hanya sekitar 50%, jadi 1 liter adonan hanya akan ada 0.5 liter udara, sehingga gelato akan lebih padat, rasa lebih intens, dan tidak mudah meleleh pada suhu ruang. Ada jenis lain yang disebut sorbet, yang adonannya dicampur buah-buahan, bahkan kadang bisa 100% buah yang dibuat seperti gelato. Biasanya sorbet juga dijual di toko gelato, jadi jangan khawatir  dengan istilah-istilah tersebut, yang penting enak dimakan🙂

2013-06-18 15.08.43-1

Menikmati Gelato di warung

Menikmati Gelato di warung

Ketika anda pernah mencoba gelato, akan segera tahu perbedaan gelato dengan es krim. Mungkin ada yang jual es krim sebagai gelato, kadang perbedaannya hanya tipis saja, tetapi jika pernah mencicipi gelato asli, akan terasa perbedaannya. Sekali mencoba gelato, kita akan cenderung lebih menyukai gelato dibanding es krim karena rasa intens yang lebih segar dan alami. Gelato hanya bertahan disimpan beberapa hari, tidak seperti es krim yang bisa disimpan sampai berbulan-bulan. Enaknya menikmati Gelato adalah saat musim panas. Nikmatnya makan sesuatu yang dingin ditengah udara panas sambil duduk-duduk di warung gelato dan melihat lalu lalang orang. Harga pun tidak mahal, hanya sekitar 1 euro per 1 scoup (sekitar Rp 15 rb). Saat tulisan ini dibuat, sebentar lagi sudah mulai memasuki musim dingin, udara juga sudah tidak terlalu panas lagi sekarang, jadi tinggal beberapa minggu lagi kami dapat menikmati gelato.

Location: Göttingen, German

Time: Juni 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s