Aplikasi Software Statistik R Gratis

Seperti yang dibahas disini, statistik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Entah itu mulai dari prakiraan cuaca, quick count sampai perubahan harga cabai keriting di Pasar Johar Semarang yang kita pantau di RRI. Statistik sudah ada dari awal peradaban manusia ketika mulai menghitung jumlah pajak di era kerajaan sampai penghitungan wajib zakat bila sudah mencapai nisab nya (jumlah dan waktu).

Untuk memperpendek cerita, jika anda mahasiswa pasti suka atau tidak suka akan bersinggungan dengan yang namanya statistik, apapun bidang ilmu yang ditekuni, mulai dari science sampai ilmu sosial atau agama. Banyak pilihan di market untuk aplikasi statistik mulai sari SAS, SPSS, Minitab, Statistica dan lain sebagainya. Kebanyakan software statistik ini berbayar, yang pasti tidak murah untuk kantong mahasiswa. Beruntung jika kita kuliah di kampus yang memiliki licence untuk aplikasi statistik tersebut, jika tidak, terpaksa menggunakan aplikasi bajakan. Ihhhh masa sih mau menggunakan aplikasi bajakan untuk tulisan ilmiahnya?

Alternatif jika kampus kita tidak mempunyai licence software statistik dan sadar untuk tidak menggunakan aplikasi bajakan, aplikasi software R menjadi alternative sebagai software gratis. Well, sebenarnya tidak tepat 100% software statistik R merupakan aplikasi statistik, tetapi lebih merupakan “environmental” yang bisa dikembangkan sesuai imaginasi anda, mungkin bisa dibilang serupa Matlab (tentu tidak bisa dibandingkan apple to orange). Kemampuan aplikasi software statistik R mulai dari pengolahan citra digital, machine learning sampai analisis data spatial. List lengkap kemampuan aplikasi software statistik R bisa dilihat di sini. Tentu saja karena pengembangan aplikasi gratis R sebagian besar untuk analisis statistik, maka menjadi terkenal lah R menjadi aplikasi software statistik yang gratis.

Ini merupakan seri pertama untuk membantu anda mempelajari statistik menggunakan aplikasi software gratis R. Gratis bukan berarti abal-abal, justru kemampuannya melebihi aplikasi berbayar karena aplikasi statistik R dikerjakan secara keroyokan oleh banyak ahli statistik dan grup peneliti di seluruh dunia. Dan kelebihan lainnya banyak forum yang membahas bagaimana menganalis data jika anda kesulitan. Mungkin 99% permasalahan yang kita alami sudah dijawab di forum-forum tersebut, tinggal googling saja.

Kesan pertama aplikasi statistik R terlihat rumit, padahal sebenarnya mudah saja. Pelan-pelan akan kita pelajari sehingga anda akan merasa bahwa software statistik R ini benar-benar mudah. Untuk anda yang terbiasa dengan aplikasi tinggal klik seperti SPSS atau minitab, R menyediakan GUI walau tidak seindah aplikasi berbayar. Jika anda terbiasa dengan program macam SAS, aplikasi R juga mengadopsi sistem mirip SAS, jadi seperti perpaduan SPSS dan SAS dalam satu software, tinggal tergantung anda nyaman dengan cara kerja seperti apa.

Situs aplikasi statistik R

Situs aplikasi statistik R

Segala hal yang berhubungan dengan software statistik R gratis ada di https://cran.r-project.org/. Anda bisa mengakses ke homepage R, jurnal, software terbaru, tutorial dan package. Satu per satu kita kuliti. Pertama yang penting adalah anda mendownload (mengunduh bahasa Indonesia yang baik dan benaršŸ™‚ ) kemudian instal di laptop atau komputer anda. Silahkan pilih OS anda apakah linux, apple atau windows. Saya yakin anda tidak akan kesulitan untuk download dan install aplikasi statistik R yang gratis ini.

Karena software statistik R merupakan open source, anda akan menemukan beberapa variant. Selain aplikasi “asli” di R cran project, ada satu lagi yang cukup disegani yaitu Rstudio. Prinsip kerjanya sama dan tampilan GUI lebih menarik. Tetapi saya lebih suka aplikasi “asli” di R cran karena lebih simple dan powerfull. Untuk beberapa package ada masalah dengan Rstudio karena tidak kompatible. Apa itu package? pelan-pelan kita bahas. Untuk selanjutnya, saya menggunakanĀ  aplikasi software R berbasis windows dari situs R cran.

Location: Gƶttingen, German

Time: November 2015

2 thoughts on “Aplikasi Software Statistik R Gratis

  1. Aplikasi ini mulai juga diperkenalkan untuk analisis kuantitatif pada beberapa mata kuliah di Prodi Pasca sarjana TIP di IPB. Open source software.

    • Iya, sebelum saya berangkat sekolah tahun 2012, sempat belajar R ke kelompok study statistik di IPB. Bagus jika R mulai diperkenalkan dan digunakan, karena IPB SAS oriented banget hehehe nah repotnya itu ketika setelah lulus, ditempat kerja tidak punya software statistik ber- license… dan gaji sebagai abdi negara juga tidak akan cukup buat beli (yang paling murah saja bisa seharga 2 bulan gajišŸ˜‰ ) Software statistik R ini juga muali digunakan di jurnal2 ilmiah internasional karena bersifat replicable, orang lain bisa menguji data kita dengan aplikasi yang sama, kalau software berbayar belum tentu orang lain punya….. Memang problemnya seakan-akan R itu lebih sulit dibanding yang lain, padahal tergantung kebiasaan saja dan kadang tutorial yang diberikan bikin pusing pakai bahasa tingkat dewa…. saya coba membuat tutorial semudah mungkin agar para pemiersa setia blog ini bisa menguji data statistiknya sendiri dengan mudah dan gratis… kalau ada dana lebih, boleh bayar saya untuk mengerjakannya hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s