Aplikasi Statistik R

Saat menginstal, anda bisa memilih untuk menggunakan file R 32 atau 64 bit, tergantung arsitektur komputer yang anda gunakan. Setelah teristal, biasanya akan ada ikon di dekstop, (kadang ada ikon keduanya untuk 32 dan 64 bit, pilih yang sesuai) silahkan klik untuk menjalankan aplikasi statistik R untuk pertama kali. Ketika tidak ada masalah dan aplikasi terbuka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.

aplikasi statistik R

aplikasi statistik R

Pada dasarnya anda bisa menjalankan perhitungan pada layar R console. kita mulai perhitungan yang sederhana saja sebagai contoh dan membuat anda mulai berani untuk mengetikkan sesuatu ke R console.

> 3+6
[1] 9

Ketika mengetik 3+6 lalu tekan enter, maka cursor akan pindah ke baris kedua menampilkan hasil 9. Tentu operasi penghitungan lain untuk matematika dan statistik, pada dasarnya bisa anda kerjakan disini, tetapi akan cukup menyulitkan karena operasi matematika atau statistik yang kita lakukan serta hasilnya akan bercampur dalam satu jendela, serta operasi tidak bisa diulangi lagi dan sulit menelusuri jika terjadi kesalahan.

Untuk membuat operasi pengolahan data menjadi mudah, cepat, menarik dan tidak membosankan, kita membutuhkan GUI atau interface. Ada beberapa GUI untuk aplikasi statistik R, yang umum digunakan adalah package Rcmdr. Saya menggunakan Rcmdr ini karena tampilannya menyerupai aplikasi SAS yang dulu biasa saya gunakan, serta ada perpaduan seperti minitab dan spss jika ingin mengolah data secara cepat. Silahkan melihat pembahasan mengenai Rcmdr pada bagian lain.

Location: Göttingen, German

Time: November 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s