Cara Masukkan Data ke Rcmdr

Sekarang, setelah anda bisa menjalankan Rcmdr, saatnya bermain-main dengan statistika 🐼 …….  langkah pertama adalah menginput data sebagai bahan baku untuk “dimainkan” di aplikasi R. Banyak tipe data yang bisa di input ke R, mulai dari data R sendiri, SAS, SPSS, Minitab, csv, Dbase, Acces, text dan lain-lain. Saya sendiri lebih senang menggunakan file excel berextensi .xlx, .xlsx atau bisa di save sebagai .csv, yang mana saja sama enaknya (walau secara teknis akan lebih ringan pengolahan menggunakan .csv tapi karena data kita kemungkinan bukan big data, perbedaan tidak akan begitu terasa, jadi biar tidak membingungkan, save data anda dalam bentuk excel biasa saja).

Cara Penyusunan data

Cara Penyusunan data

Untuk bisa menginput data, tentu anda harus punya data bukan. Input data anda di excel, pastikan mulai dari baris dan kolom pertama di A1. Dan untuk praktik yang baik, baris pertama diisi header, atau parameter sehingga akan memudahkan pemodelan dan penamaan serta tahu data apa yang ada di kolom tersebut. Sekali lagi penting untuk membuat header, otherwise you will get lost! Keuntungan lain ketika merapikan data di Excel adalah anda mudah untuk “memanipulasi” data seperti mendelete, menambahkan sampai transformasi data. tentu bisa dikerjakan menggunakan menggunakan R, tetapi akan melibatkan banyak script which is very paintfull…. The idea is keep it simple…….

Penamaan data agar tidak bermasalah atau tertukar ketika mengolah banyak data dari file lain.

Penamaan data agar tidak bermasalah atau tertukar ketika mengolah banyak data dari file lain.

Sekarang, saatnya memindahkan data dari Excel ke Rcmdr. Mulai dari membuka Rconsole, seperti biasa ketik library (Rcmdr) tekan enter atau melalui fasilitas packages -> load packages -> Rcmdr. Setelah Rcmdr terbuka, klik Data -> import data -> from Excel, Access or Dbase data set kemudian akan muncul jendela untuk memberi nama data yang akan diimport, sebut saja Bobot sebagai contoh, klik Ok lalu cari data di folder tempat anda menyimpan, jika tidak muncul ganti file menjadi All File (*.*), file excel anda akan muncul. Keluaran seri excel terbaru biasanya masih belum terbaca di jendela R, tetapi ketika merubah menjadi All File (*.*) akan menjadi terbaca. Klik file yang anda hendak input, ada di sheet mana dan walah…. data anda sekarang sudah ada di dalam Rcmdr dan siap dimainkan. Untuk meyakinkan data sudah ada didalam aplikasi, klik view data set. Sekarang data sudah siap untuk dimainkan.

view data set

view data set

Location: Göttingen, German

Time: November 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s