Kopi Vietnam – Asia

Nah, ini dia salah satu kopi yang cukup mengguncang dunia persilatan kopi. Bisa dibilang sebagai pemain relatif baru, tapi produksi kopi vietnam melejit sampai mengalahkan dominasi Brazil sebagai produsen terbesar kopi dunia. Brazil produsen terbesar jenis Arabika, sedangkan Vietnam produksi terbesar jenis Robusta. Kopi Vietnam dikeluhkan oleh para pemain kopi sebagai kopi dengan kualitas jelek dan perusak harga. Hmmmm biasa perang marketing, pasti akan saling menjatuhkan.

Kopi Vietnam

Kopi Vietnam

Memang secara umum kualitas kopi vietnam tidak sebaik para pemain legendari macam Brazil atau Indonesia, tapi dugaan saya bukan karena kopinya jelek, tetapi karena mereka mengejar kuantitas jadi sedikit mengabaikan kualitas. Dalam salah satu pameran kopi di German, saya melihat green bean kopi vietnam cukup bagus.

Saat rekan saya Mr Edwine yang kuliah lapang di hutan Vietnam, ketika balik ke kampung Goettingen membawa oleh-oleh kopi Vietnam. Kemasannya bagus dan menarik. Saat kemasan dibuka, tercium aroma artificial. Menurut Mr Edwine, mereka mencampur mentega saat roasting biji kopi jadi terasa sekali bau mentega dengan aroma tertentu. Untuk anda yang “Die Hard” dengan kopi kemungkinan tidak akan suka karena terasa kopi jadi terasa palsu dan akan marah-marah bahwa ini merusak rasa kopi asli. Tetapi jika kita “open minded”, menurut saya ini ibarat bubur ayam. Ya, nasi jika sudah jadi bubur, jangan dibuang, ditambahi ayam, tambah kecap, kuah kerupuk, kedelai, seledri, jadilah bubur ayam yang ueenaakk. Loh maksudnya apa? maksud saya, mereka hebat, tahu bahwa ada kelemahan di kualitas kopi, mereka modifikasi kopinya dengan penambahan aroma dari mentega atau margarine. Hasilnya? ciamik. ditambah kemasan yang bagus serta marketing yang ok, kopi Vietnam bisa dibilang menguasai pasar dunia.

Ditambah lagi mereka membuat “vietnam drip” yang akan dibahas pada lain kesempatan. Jadi menyeduh kopi Vietnam dengan menggunakan alat vietnam drip, ditambah susu kental manis plus es batu. Sangat cocok untuk udara panas tropis macam Vietnam dan Indonesia. Tidak sesuai pakem dunia perkopian? tidak masalah. Produk laku, konsumen hepy, petani hepy. Patut disayangkan, kita sejak zaman kerajaan, andalannya masih kopi tubruk, belum bisa menciptakan inovasi baru yang bisa dijual ke seluruh dunia. Ayo kita berkolaborasi menciptakan ikon unik dari Indonesia agar mewabah di seluruh jagad persilatan kopi🙂

Location: Göttingen, German

Time: December 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s