Kopi Ethiopia – Afrika

Ethiopia merupakan asal muasal kopi di seluruh dunia. Bukti-bukti ilmiah tidak bisa dipungkiri. Terdapat lebih dari 5000 aksesi dan 100 spesies kopi ditemukan di Ethiopia. Plasma nutfah kopi ini hanya ditemui di wilayah Ethiopia. Dan dunia hanya mengenal 2 spesies yaitu Arabika dan Robusta, dan mungkin spesies Liberika yang jarang ditemui. Betapa sedikitnya kita mengenal tanaman ini…… masih banyak yang harus dan bisa dieksplorasi.

Peta Yaman - Ethiopia

Peta Yaman – Ethiopia. Sumber: Google Map.

Jika dilihat dari peta, terlihat betapa dekatnya Yaman dan Ethiopia. Jadi saat awal perkembangan industri kopi, bahan kopi dari Ethiopia ditanam di Yaman dan kondisi ini berlangsung ratusan tahun sampai tahun 1600-an, ketika pada akhirnya biji kopi dapat diselundupkan ke India, kemudian sri lanka, masuk ke Indonesia (Jawa), dan dari Jawa inilah mulai industri kopi besar-besaran. Setelah itu kopi mulai menyebar ke bagian belahan dunia lainnya.

Kopi Ethiopia

Kopi Ethiopia

Kopi yang saya beli berasal dari daerah Sidamo, salah satu produsen kopi tersohor dari Ethiopia. Ada daerah lain produsen kopi disini, tentu dengan rasa yang berbeda. Rasa kopi Ethiopia menyerupai kopi Yaman, masuk akal karena kemungkinan masih satu leluhur. Ada rasa note coklat walau tidak sekuat kopi Yaman. Lumayanlah walau tidak sebaik kopi Yaman, harganya juga setengah dari kopi Yaman. Jika tidak cukup uang untuk membeli kopi Yaman, kopi Ethiopia dapat menjadi alternatif dengan rasa yang paling mendekati.

Plasma nutfah kopi yang ada di Ethiopia tentu perlu dijaga dan dikembangkan untuk memperbaiki kualitas kopi di seluruh dunia. Kalau kopi Kilimanjaro dilindungi sertifikat GEPA, kopi Kenya UTZ, maka kopi Ethiopia Sidamo mendapatkan serifikat fare trade Contigo. Dari contoh ini, kita melihat betapa pentingnya sertifikat untuk menjamin keberlangsungan bisnis kopi mulai dari tingkat petani sampai konsumen. Semua pihak termasuk lingkungan dilindungi agar bisnis dapat berjalan secara adil, walau memang ada kontroversi tersendiri mengenai sistem sertifikat yang digunakan.

Location: Göttingen, German

Time: December 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s