Kopi Cuba – Amerika

Saya mendapatkan kopi Kuba pada suatu acara kulturenmesse di Goettingen, acara semacam pertunjukan kebudayaan dan bazar untuk bangsa-bangsa asing yang tinggal di kota kami. Tentu komunitas Indonesia di bawah bendera PPI Goettingen selalu menampilkan tari-tarian tradisional, memamerkan kebudayaan kita mulai dari display baju daerah, souvenir, aneka permainan tradisional, brosur wisata, dan tentu saja menjual makanan khas Indonesia. Pertunjukan Indonesia selalu menjadi favorit karena ragam budaya yang ditampilkan dari sabang sampai Merauke serta makanan selalu habis ludes terjual, paling tidak kalau pun ada sisa, akan selalu diborong oleh warga sendiri yang selalu kangen kue dan masakan Indonesia🙂. Nah salah satu bazar, ada meja yang selalu hadir dari Kuba. Mereka mamerkan beberapa literatur, tentu akan di temui foto dan buku Che Guevarra, cerutu, dan yang menjadi perhatian saya tentu saja adalah kopi. Mereka juga punya produksi kopi selain cerutu Havana yang terkenal itu.

Kopi Kuba

Kopi Kuba

Kopi ini di produksi koperasi di pegunungan Sierra Maestra, sebelah timur Kuba. Kuba secara Geografi termasuk Amerika Utara, tetapi secara kultural masuk kategori amerika latin. Saya membeli kopi dengan kualitas strong, awalnya saya anggap remeh karena saat meroasting kopi Brazil sampai dark pun, rasanya masih kurang kuat menurut saya. Ternyata saya salah, kopi ini beda dari kopi brazil atau khas amerika latin lainnya. Memang ada kopi kuba yang mild, rupanya tergantung jenis varietas dan roastingnya. Terlanjur beli yang strong, lumayan terasa perih juga di perut dan mata melek sepanjang hari. Kopi ini cocok untuk penggemar kopi hitam dan kental, maknyus dan mantab rasanya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Kuba merupakan negara sosialis yang segala sesuatunya diatur negara. As you can expected, segala sesuatu diatur oleh negara. Industri kopi mengalami kondisi pasang surut, dan produksi terus merosot. Dengan stok yang terbatas, negara membatasi penjualan sebagian besar ke Prancis dan Jepang, sebelumnya German dan Belanda yang mendapat jatah tetapi sekarang ada dalam jumlah terbatas. Jadi cukup beruntung saya bisa mendapatkan kopi Kuba ini. Bahkan penduduk kuba sendiri (menurut info yang beredar) hanya mendapat jatah tidak sampai 60 gram per dua minggu, jadi kira-kira secangkir kopi per dua hari… hmmmm…. entah informasi ini betul atau tidak, perlu ditelusuri lagi.

 Ini negara kecil-kecil cabai rawit. Salah satu negara kecil yang berani melawan hegemoni Amerika, walau sayang sekali kondisi ekonomi masyarakatnya, kalau dilihat diliputan berita atau film-film, sepertinya tidak terlalu bagus. Entah apakah mereka puas dengan sistem yang mereka jalai. Yang pasti Fidel Castro, sekarang digantikan adiknya Raul Castro, masih eksis memimpin Kuba. Menarik hubungan Indonesia dengan Kuba saat pemerintahan Presiden ke 4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Saat itu, bukannya terbang ke Amerika, Gus Dur malah mampir dulu ke Kuba menemui Fidel Castro, seingat saya sampai 2 kali, yang membuat Amerika murka. Fidel Castro akrab sekali dengan Gus Dur, sama-sama pejuang kemanusiaan, dan heran kok bisa Gus Dur yang memimpin lebih dari 220 juta orang saat itu masih bisa tertawa sedangkan dia hanya memimpin 11 juta orang sudah pusing 7 keliling. Salah satu lelucon Gus Dur kepada Fidel Castro mengenai presiden Indonesia, dalam salah satu versi Beliau bilang presiden pertama gila perempuan, presiden kedua gila harta, presiden ketiga gila teknologi. Lalu Castro bertanya kalau kamu? Gus Dur bilang yang milih saya orang gila…. tentu Castro tertawa terbahak-bahak…. dan bilang kalau Castro lebih mirip ke presiden ke 3 RI, tetapi kata Gus Dur, tidak, kamu mirip Presiden Ke 4🙂 Tentu versi lengkap bisa anda baca di buku lelucon ala Gus Dur di toko buku terdekat. And now, we will miss his joke, salah satu Presiden brilian yang kita punyai terlepas dari segala kontroversinya.

Location: Göttingen, German

Time: December 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s