Kopi Italia – Eropa

Setelah melewati 4 benua, saatnya menuju benua ke 5, benua Eropa di belahan bumi utara. Saya pernah membahas mengenai kopi Italia di sini. Memang ada kopi Italia? ya anda benar. Memang pohon kopi tidak tumbuh di eropa pada umumnya. Secara ilmiah tentu bisa diusahakan tumbuh dan berkembang di green house dengan pengaturan suhu, klembaban dan cahaya, tapi akan mahal jika dibuat perkebunan kopi di eropa. Jadi tidak ada perkebunan kopi di benua Eropa. Tapi kok kita begitu familiar dengan kopi Italia? bisa dibilang, sejarah kopi sehingga menjadi populer di seluruh dunia juga banyak dikembangkan oleh orang Italia. Pada kesempatan lain kita akan bahas mengenai sejarah tersebut. Singkatnya, kopi populer di dunia muslim dan arab pada umumnya, dikuasai oleh kekhalifahan Utsmani, dan ketika terjadi persingggungan bahkan pertempuran dengan dunia barat, dengan ekspedisi ilmuan sampai perang salib, dunia barat mulai mengenal kopi. Sebagian alasan karena Kepausan ada di Roma Italia, dan dunia barat mulai mengenal dan mempelajari buah yang dijadikan biji, kemudian di bakar dan di masak dengan nama kopi. Kontroversi kopi selain terjadi di dunia Muslim, apakah termasuk halal haram, juga menjadi kontroversi di dunia barat, sampai akhirnya Paus Clement VIII (1535–1605) membaptise kopi agar bisa diminum oleh kaum Nasrani karena ada kontroversi saat itu kopi merupakan minuman dari saytan. Lain kesempatan ya kita telusuri kisah sejarah kopi di Italia dan belahan dunia lain, pada seri sejarah kopi dunia.

Kopi Italia

Kopi Italia

Selanjutnya kopi menjadi populer di Italia di mulai dari Venice, Florence dan kemudian menyebar ke dunia barat. Mereka mulai mempopulerkan konsep cafe, juga mengembangkan teknik roasting sampai cara menyeduh. Sampai saat ini, merk-merk mesin rosting kopi terkemuka dunia berasal dari Italia, Juga mesin espresso, hampir yang berjaya di seluruh dunia adalah merk dari Italia. Perusahaan-perusahaan besar kopi juga banyak berasal dari Italia, termasuk lembaga pengembangan produk kopi serta pelatihan-pelatihan kopi juga barista. Familiar dengan istilah espresso, cappucino, machiato, americano dan sejenisnya? Itulah yang membuat orang mengenal kopi Italia, padahal mereka tidak menanam kopi. Inovasi dan marketing lah yang membuat produk terkenal dan laku dijual.

Kopi Italia bahan baku untuk membuat espresso.

Kopi Italia bahan baku untuk membuat espresso.

Anda akan mudah menemukan kopi produk Italia di German. Tentu origin kopi tersebut bukan dari Italia, bisa darimana saja dari seluruh dunia. salah satunya untuk membuat espresso ini kopi arabika berasal dari amerika tengah dan selatan. Sebagian besar cafe atau pribadi menggunakan produk kopi Italia ini, karena mereka sangat selektif memilih bahan baku kopinya sehingga bisa diharapkan kopinya mantab. Umumnya kopi yang dijual dalam bentuk biji yang sudah diroasting, bukan dalam bentuk bubuk agar bisa mempertahankan kesegaran dalam waktu yang lebih lama. Dan jika anda menginginkan kopi yang sedikit lebih kuat, dalam campurannya akan menggunakan kopi Robusta. Crema yang dihasilkan dari mesin espresso dengan bahan baku campuran arabika dan robusta akan bagus, tebal dan kental. Crema seperti ini hanya bisa dihasilkan bila anda menggunakan mesin espresso. Bisa juga mengguanakan alat lain seperti ibik untuk membuat kopi turki, tapi tetap tidak sebagus crema yang dihasilkan pada mesin esspresso. Biasanya campuran robusta tidak lebih dari 5% agar tidak merusak rasa arabika. Tunggu apalagi, silahkan pilih jenis kopi mana yang hendak anda minum, buka kemasan dan tuang ke mesin kopi otomatis anda😉 ….

Kopi campuran arabika dan robusta untuk menghasilkan crema yang bagus.

Kopi campuran arabika dan robusta untuk menghasilkan crema yang bagus.

Location: Göttingen, German

Time: December 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s