Tour of Duty on Aveiro, Portugal

Sekalian menyelam minum air toh… sekalian konferensi, kenapa tidak sekalian menikmati suasana.. Saya menggunakan pesawat low cost carier dari German untuk menuju Portugal. Bandara terdekat dari Aveiro adalah Porto. Dan kemungkinan biaya paling murah saat itu pada hari yang ditentukan berangkat adalah Ryan Air. Ini pengalaman pertama saya menggunakan Ryan Air, yang dari namanya, mirip penerbangan di tanah air yang sering delay itu…. Dan kelakuan Ryan Air tidak lebih baik dari penerbangan yang namanya mirip tersebut di tanah air…

frabz-One-does-not-simply-book-flights-with-Ryanair-520918

Perjalanan di mulai dari German. Saya harus menuju bandara khusus penerbangan ini dari Göttingen menggunakan bus (agar murah) menuju Frankfurt, dan bandara khusus tersebut bekas pangkalan militer berada di pinggiran kota Frankfurt yang ternyata jauh juga dari Frankfurt Airport. Saat berangkat, ada perbaikan website selama seminggu jadi saya tidak bisa check in online. Tidak mengapa saya pikir, karena toh tiket ada ditangan. Dan ternyata saat di Bandara, mereka mempunyai peraturan baru bahwa sudah harus check in online sebelumnya dan boarding pas harus di print dan kemudian dicap basah di loker. Whaatttt…. dan karena itu, saya harus membayar tambahan biaya 50 ‎€, untuk sebuah boarding pass selembar dan cap basah. Hah, ada yang ga beres ini, terpaksa saya bayar daripada tidak terbang. Dimana-mana juga boarding pas bisa di cetak dibandara, dan bisa dengan hanya menunjukkan tiket dalam bentuk pdf di HP. Saya juga pernah check in hanya pakai kode booking via sms kok, tidak ada masalah. Dan selidik punya selidik, silahkan lihat di web ini, memang penerbangan ini memang rada-rada dan isi web tersebut sama dengan yang saya alami terutama adegan menggiring hewan ternak, kurang lebih seperti itu saat naik pesawat😉 . Banyak jebakan batman saat memesan tiket, jadi sobat yang mau terbang murah meriah, perhatikan tips dan triknya.

aeroporto

aeroporto

aveiro train station

aveiro train station

Sampai di Porto, Portugal, tidak ada pemeriksaan imigrasi lagi. Visa schengen sebagai penduduk sementara German bisa digunakan untuk sebagian besar negara Eropa. Saya sempat lama di bagianambil tas karena ternyata tabung poster yang saya bawa di pindah ke bagian tas dengan ukuran tidak standar. Ya bukan salah saya toh, mau dipegang dalam kabin tidak boleh harus masuk bagasi. Untung saja tidak ada biaya tambahan.

Staitun kereta lama Aveiro

Staitun kereta lama Aveiro

aveiro17

Forum Aveiro, Mall besar di tengah kota

Forum Aveiro, Mall besar di tengah kota

Suasana kota yang lengang

Suasana kota yang lengang

aveiro11 aveiro7 aveiro4 aveiro3 aveiro2

Dari airport Porto, saya menuju statiun kota Porto untuk kemudian menuju Aveiro. Sepanjang jalan terlihat suasana agak suram di bandingkan German, mungkin karena krisis ekonomi. Tapi bagaimanapun, segala sesuatu teratur. Saya bisa mendapatkan informasi lengkap di website kota, harus naik kereta apa, jam berapa dan harga berapa. Ini penting untuk kemajuan wilayah dengan mendatangkan turis dari berbagai belahan dunia lain. Coba sekarang kita cari informasi di Indonesia, misal dari Jakarta menuju Bogor atau Sukabumi, naik apa jam berapa harga berapa? apakah akan akurat?

Kanal kota yang indah

Kanal kota yang indah

aveiro5 aveiro1

Suasana kanal malam hari

Suasana kanal malam hari

Aveiro merupakan salah satu kota kunjungan turis. Cantik memang kotanya, kental dengan suasana zaman pertengahan. Bagian kota lama dengan bangunan lama dari abad pertengahan masih bisa dijumpai disetiap sudut. Jika anda pernah melihat film Zorro, kurang lebih begitulah suasananya.

and speaking of the devil….. saat ikut pesiar trip kapal menelusuri kanal kota Aveiro, petugas perahu mirip dengan Antonia Banderas.. iya ga sih menurut sahabat pembaca? dan beliau dengan senang hati memberikan kita bonus memainkan gitarnya, mantab sekali sambil menikmati semilir angin pantai dan pemandangan tempo dulu di sepanjang kanal. Jika pergi ke kota Aveiro, sempatkanlah untuk menikmati boat canal trip, worth it dan murah kok.

Mirip Antonio Banderas

Mirip Antonio Banderas

Close enough???

 

Kota ini masih menunjukkan sisa-sisa kejayaannya dimasa lampau. Di museum kota, dulu sepertinya bekas Istana, terdapat capel kecil, dengan ukiran kayu berlapis emas. Guide tour menjelaskan mereka menguasai teknik untuk melapisi kayu dengan emas pada masa lampau. Dari hal ini terlihat mereka mengalami kejayaan pada masa lampau.

aveiro10

Capel berlapis emas, sisa kejayaan masa lampau

Capel berlapis emas, sisa kejayaan masa lampau

aveiro8

Dan entah sekarang, saya merasakan kota ini terlalu sepi. Menurut penduduk sekitar memiliki toko souvenir tempat kita berbelanja, sebenarnya penduduk kota ada banyak, tetapi karena cuaca panas jadi mereka lebih banyak berdiam diri di rumah. Toko souvenir ada beberapa di pusat kota. Penataannya cantik dengan harga produk lebih terjangkau. Jangan lupa membeli oleh-oleh ya.. Oya saya sempat bertemu beberapa Mahasiswa dari Timur Leste di Universitas Aveiro. Sempat berbincang-bincang sebentar, sayang mereka tidak menghubungi saya lagi untuk bertemu sekadar diskusi dan jalan-jalan. Pasti menarik mengetahui keadaan negara mereka setelah berpisah dari Indonesia.

Ada bagian dinding universitas mengenai Tmor Leste

Ada bagian dinding universitas mengenai Tmor Leste

Saatnya meninggalkan Aveiro

Saatnya meninggalkan Aveiro

Location: Aveiro, Portugal

Time: June 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s