Grinding

Setelah sahabat mempunyai fresh coffee dari proses roasting, sebelum bisa diminum, tentu harus dihaluskan terlebih dahulu, disebut proses grinding. Perbedaan alat grinding menyebabkan perbedaan tingkat kehalusan, yang pada gilirannya menentukan alat penyeduh kopi kopi yang akan digunakan serta perbedaan hasil seduh. Tidak punya mesin atau tidak ada listrik? jangan khawatir, dari zaman dahulu juga orang menggunakan tumbukan atau alu. Bisa dari kayu atau batu. Teknik ini masih digunakan di daerah. Hanya siap-siap saja tangan berototšŸ™‚ menumbuk biji kopi sekilo sehari sudah merupakan olahraga tersendiri, tidak perlu bayar mahal ke Gym.

Blender kecil untuk bumbu

Blender kecil untuk bumbu bisa digunakan untuk menggiling biji kopi

Nah berhubung saya tinggal di perkotaan, ada sih alu (kadang disebut juga lumpang) batu yang biasa digunakan untuk menumbuk sambel atau bumbu-bumbu, lebih pas jika menggunakan grinder listrik. Jika dirumah sahabat ada blender, biasanya juga tersedia blender ukuran kecil untuk menghaluskan bumbu atau kacang tanah. Tipe jenis ini merupakan jenis blade atau pisau. Memang hasil grinding akan lebih kasar di banding grinder tipe burr, tapi sudah termasuk cukup bagus dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi jika sahabat hendak membuka cafe, tidak perlu bermodal mahal, gunakan saja alat-alat yang tersedia di rumah. murah meriah.

Hasil giling tidak mengecewakan. Aroma harum khas fresh coffee

Hasil giling tidak mengecewakan. Aroma harum khas fresh coffee

Karena saya tidak membawa alat grinder ke Bogor, setelah melalui negosiasi dengan ibu akhirnya diijinkan menggunakan blender kesayangannya. Blender ini biasa digunakan untuk menghaluskan bumbu dapur seperti lada, juga kacang tanah, berbeda dengan blender untuk sayur atau buah yang berukuran lebih besar. Perjanjiannya, jika blender rusak, saya akan gantišŸ˜‰ Ngeri-ngeri sedap juga saat blender dinyalakan suara biji kopi menghantam tutup blender dengan keras, tapi untung tidak ada bagian tutup yang pecah atau lecet. Dan hasil gilingannya juga cukup halus, bisa untuk dibuat espresso. Dan yang terpenting, karena menggiling fresh coffee, harum semerbak kopi segera memenuhi seantero dapur, siap untuk diseduh…….

 

Location: Bogor, Indonesia

Time: Agustus 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s