Frothing susu menggunakan electric milk shake

Berdasarkan data yang ada, tapi perlu konfirmasi lagi, 60-80% konsumer kopi meminumnya berbasis susu. Bisa jadi benar. Betapa favoritnya cappucino, latte atau machiato dibandingkan kopi hitam. Dan memang sejak pertama dikenalkan, cappucino menjadi minuman paling favorit. Campuran susu dan kopi tersebut membuat rasa minuman kopi menjadi makin yahud.

Hangatkan susu

Hangatkan susu

Kualitas susu tentu menjadi syarat mutlak. Pastikan menggunakan susu sapi segar dengan kadar lemak 3.5%, rasa akan lebih gurih dan manis serta aroma khas susu yang enak. Rasa akan beda dibandingkan dengan susu segar dengan kadar lemak 1.8%. Busa yang dihasilkan juga akan lebih bagus, lebih lembut dan lebih banyak pada kadar lemak 3.5% dibanding 1.8%. Apakah berarti susu dengan kadar lemak 3.5% lebih enak daripada kadar 1.8%? Pertanyaan itu saya ajukan pada seorang peneliti yang mempresentasikan perbedaan minuman kopi yang dihasilkan pada kadar lemak susu yang berbeda di konferensi Cocotea di Aveiro, Portugal. Beliau bilang tidak berani untuk menjawab bahwa susu dengan kadar lemak 3.5% lebih enak, tetapi secara ilmiah bisa dibilang rasa berbeda. Kalau secara pribadi, kita sepakat kadar lemak 3.5% lebih enak. Itulah yang membedakan pendapat ilmiah dengan pendapat pribadi😉. Tidak segampang itu dan harus berhati-hati untuk mengkalim pendapat secara ilmiah.

Kosok susu yang hangat-hangat kuku menggunakan alat sederhana

Kocok susu yang hangat-hangat kuku menggunakan alat sederhana

Rasa dan tekstur susu yang diproses untuk untuk cappucino atau latte berbeda denga kopi susu biasa. Pada kesempatan lainn akan kita perdalam mengenai hal ini. Saat di Bogor, sedikit tantangan juga untuk mendapatkan susu yang tepat dan membuat cappucino dengan perlengkapan yang terbatas. Dan harga susu sapi segar di Indonesia, alamak lebih mahal daripada di German, apalagi dibandingkan dengan tingkat gaji. Susu di German bisa diperoleh dengan harga 0.55 € atau sekitar Rp 8 rb per liter. Sedangkan di Bogor, saya harus merogoh kocek agak dalam, paling murah Rp 18 rb. Sebuah ironi. Setelah mencoba beberapa merk susu, saya menggunakan merk yang biasa digunakan oleh cafe di Indonesia. Hasilnya lumayan bagus, merk yang lain kurang busanya dan kurang mantab. Saya tidak bisa sebut merk nya, kecuali merk tersebut mau bayar iklan di lapak ini🙂 .

frothing3frothing4

Untuk membuat busa susu menggunakan electric milk shake, benda kecil dan murah, serta hanya menggunakan baterai, Banyak dijual di toko di Indonesia. Panaskan dulu susu, bisa ditempat moca pot setelah membuat espresso, jadi hemat energi juga. setelah susu cukup hangat, pastikan tidak lebih suhunya dari 60 C, atau kira-kira hangat-hangat kuku (istilah yang kurang ilmiah tetapi cukup praktis digunakan sebagai standar), kocok susu menggunakan alat tersebut. Susu akan menjadi busa dan lembut.

cappucino siap disajikan. Busa bisa mempertahankan aroma kopi selama proses menikmatinya.

cappucino siap disajikan. Busa bisa mempertahankan aroma kopi selama proses menikmatinya.

Busa tersebut selain membuat rasa kopi di lidah menjadi lembut dan gurih, kegunaan lainnya adalah busa tersebut menahan aroma kopi agar tetap berada di dalam minuman. Paling tidak butuh waktu beberapa menit sampai kopi habis diminum. Rasa dan aroma akan tetap terjaga dan kenikmatan bisa tetap dirasakan sampai sampai tetes terakhir……

Location: Bogor, Indonesia

Time: Agustus 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s