Saatnya Membuat Kopi Enak

Setelah sahabat mengetahui cara membuat kopi uenak, saatnya praktek sendiri. Rasakan bedanya fresh coffee buatan sendiri dengan kopi sachet atau kaleng yang biasa sahabat beli, bahkan dari merk terkenal sekalipun. Rangkuman dari artikel-artikel sebelumnya, caranya sangat mudah hanya beberapa langkah berikut:

1. Beli green bean –> 2. Roasting –> 3. Grinding –> 4. Brewing –> 5. Frothing milk…. siap diminum

Langkah tersebut sudah saya jabarkan pada artikel-artikel sebelumnya, yang bisa sahabat kerjakan di Indonesia. Tidak perlu peralatan canggih dan mewah untuk menikmati kopi enak. Camkan itu. Semua teknik yang ada pada artikel tersebut saya kerjakan di dapur rumah yang sederhana dengan perlengkapan sederhana juga di Bogor. Yang diperlukan adalah passion dan sedikit art and science. Coffee art and science saya share di blog ini semampu saya, tetapi passion hanya sahabat sendiri yang harus kerjakan.

Green Bean. Pilih yang berkualitas baik.

Beli Green Bean.

Perubahan warna dan bentuk selama proses roasting

Roasting

Hasil giling tidak mengecewakan. Aroma harum khas fresh coffee

Grinding

Moca pot

Brewing

Kosok susu yang hangat-hangat kuku menggunakan alat sederhana

Frothing

Sebagian origin green bean sudah saya share, tentu ada banyak origin lain yang belum sempat saya coba. Sahabat juga perlu untuk menikmati keragaman kopi tersebut untuk mengetahui mana yang akan menjadi favorit. Pada artikel lain saya akan share juga teknik lain untuk roasting, grinding, brewing and froathing, sehingga sahabat punya banyak kemungkinan rasa kopi yang dihasilkan, bahkan dari satu single origin.

Location: Göttingen, German

Time: January 2016

Leave a Reply

