Kopi Lokal Bogor

Banyak kopi produksi UKM di daerah-daerah di Indonesia, yang rasanya tidak kalah bahkan lebih enak daripada kopi sachet nasional yang dijual supermarket dengan mengandalkan artis-artis sebagai bintang iklannya. Produk kopi lokal ini perlu dukungan baik dari konsumen yang membeli produk tersebut maupun pemerintah untuk membantu pemodalan.

Kopi Liong Bulan1

Kopi cap Liong Bulan

Kopi cap Liong Bulan

Salah satu yang terkenal di Bogor adalah kopi cap Liong Bulan. Warga bogor maupun yang pernah tinggal di Bogor pasti pernah mencicipi kopi ini, paling tidak pernah mendengarnya, dan sebagian besar merupakan penggemar fanatik. Entah lokasi tepat pabriknya berada dimana, karena saya belum pernah berkunjung ke pabrik kopi cap Liong Bulan. Kemungkinan berada di sekitar Taman Makam Pahlawan, daerah Bondongan, Bogor. Kalau sahabat kebetulan naik angkot melewati daerah ini, bisa jadi menghirup aroma kopi yang uenak pada suatu titik tertentu. Saya sudah lupa lokasi pastinya karena sudah laaammmaaaa meninggalkan kota tercinta ini karena tugas negarašŸ™‚ Setiap pagi kalau berangkat ke kampus naik angkot, saya selalu menantikan untuk melewati lokasi ini, aroma harum kopi bisa mengobati rasa kesal akibat angkot Bogor yang kadang ngetem, kadang jalan mundur karena hendak menjemput penumpang di gang yang sudah terlewat, ditambah macet pagi hari pada jam sibuk. Seringkali juga ada ibu-ibu yang membawa banyak bungkusan kopi, entah untuk dibawa ke pasar atau baru saja membeli, jad semerbak wangi kopi menyebar di angkot.

Kopi Cap Piala

Kopi Cap Piala

Kopi cap Liong Bulan sudah menjadi ikon legendaris kota Bogor. Kopi ini sulit ditemukan di luar Bogor. Pun di Bogor lebih mudah ditemui di warung daripada supermarket. Bisa jadi memang demikian strategi pemasaran dariĀ  produsen, atau sulit menembus supermarket modern. Nah disinilah perlu keberpihakan retail modern untuk mendukung pengembangan produk lokal. Ketika penjualan produk lokal terdongkrak naik, tentu akan berimbas ke peningkatan ekonomi lokal.

Kopi Cap Teko

Kopi Cap Teko

Selai kopi cap Liong Bulan, ada kopi lain khas Bogor yaitu Cap Piala dan Cap Teko. Mengenai rasa, menurut saya pribadi lebih baik kopi lokal ini daripada kopi instant sachet aneka rasa. Kopi lokal ini benar-benar kopi dan rasa kopi, bukan menggunakan perisa kopi atau bahasa canggihnya essence. Jadi, mari dukung produk-produk lokal Indonesia dengan membeli dan mengkonsumsi produk lokalšŸ˜‰

Location: Bogor, Indonesia

Time: Agustus 2014

One thought on “Kopi Lokal Bogor

  1. Pingback: Gunung Pancar, Bogor | Postharvestnotes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s