Roasting Menggunakan Popcorn Machine

Kita sudah mengetahui cara roasting menggunakan mesin di sini serta menggunakan cara tradisional di sini. Tentu setiap teknik menghasilkan profile roasting yang berbeda, dan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Alternatif teknik lain adalah menggunakan popcorn machine. Popcorn machine juga terdapat berbagai macam dan merk, tetapi sebagian besar cara kerjanya sama yaitu menggunakan hembusan udara panas.

roasting menggunakan popcorn machine

roasting menggunakan popcorn machine

Cara roasting mengguanakan popcorn machine sangat mudah.  Jika anda bisa membuat popcorn dan tidak gosong, maka roasting kopi juga pasti bisa. Masukkan green bean ke dalam tabung, kira-kira 100 gr, lalu nyalakan mesin. Jumlah biji hijau yang diroasting berpengaruh terhadap profile roasting. Suhu alat tidak bisa dikendalikan, jadi pengaturan bisa dilakukan dengan jumlah bahan yang akan diroasting. Sahabat harus mencobanya sendiri untuk mengetahui jumlah yang tepat karena kapasitas setiap popcorn machine bisa berbeda.

Biji hijau berputar dengan udara panas

Biji hijau berputar dengan udara panas

Alat menggunakan listrik sekitar 1300 watt, jadi perlu diperhatikan jika menggunakan alat tersebut di Indonesia. Saya lihat popcorn machine ada dijual di Indonesia, tapi ya dengan pernak-pernik renda seperti di gerai popcorn. Yang diperlukan adalah tabung pemanasnya. Listik akan memanaskan udara kemudian udara panas tersebut akan berputar di dalam tabung dan memutar green bean. Nah kalau green bean terlalu banyak dimasukkan, biji tidak akan berputar dan berbahaya alat bisa terbakar, hati-hati perhatikan hal ini. Jika terlalu ringan, biji akan terlalu cepat berputar sehingga profile roasting juga kurang mantab. Jadi sekali lagi, sahabat harus coba sendiri untuk mendapatkan hasil sesuai selera.

Silver skin bertebaran dimana-mana, a little bit messy

Silver skin bertebaran dimana-mana, a little bit messy

Kelebihan alat ini adalah murah, praktis, hasil roasting juga relative merata. Kekurangannya adalah suara bising serta menghasilkan banyak limbah silver skin, yaitu lapisan kulit ari-ari, katakanlah begitu, dari biji kopi. Dan terlihat berantakan karena hembusan udara, tidak terkumpul di suatu tempat. Waktu roasting kira-kita 6-9 menit, tergantung origin dan tingkat roasting yang anda kehendaki. Waktu roasting lebih singkat dibandingkan menggunakan mesin roasting serta cara tradisional menggunakan kompor. Untuk situasi, kita bisa menggunakan panci khusus untuk membuat popcorn buatan Amerika, di atas kompor tanpa listrik, tapi saya belum menemukannya di Indonesia. Ayo coba roasting sendiri kopi sahabat agar bisa merasakan fresh coffee!!

Hasil roasting relative seragam

Hasil roasting relative seragam

Location: Göttingen, German

Time: January 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s