Roasting Profile

Hasil roasting kopi akan tergantung dari origin, suhu, waktu dan alat roasting, sehingga perbedaan parameter tersebut akan menghasilkan rasa dan aroma kopi yang berbeda. Proses inilah saat terjadi moment of truth, kita baru tahu benar rasa dan aroma biji kopi setelah melalui perjalanan panjang proses green bean. Roasting merupakan salah satu titik krusial, dimana rasa dan aroma tercipta. Ada lebih dari 800 kandungan kimia kopi hasil roasting, lebih rumit daripada wine pada kisaran 400 kandungan kimia. Tentu hal ini bisa diperdebatkan, ahli wine tidak pernah setuju dengan pernyataan ini. Bagaimanapun, kopi yang cukup rumit dan kompleks ini masih sedikit dipahami dan dimengerti. Teknik roasting merupakan rahasia perusahaan kopi karena merupakan ciri khas produk. dari berbagai merk kopi yang ada di pasaran, sahabat bisa rasakan perbedaannya.

Roasting profile pada popcorn machine

Roasting profile pada popcorn machine

Dari biji hijau, kopi akan berubah ukuran makin besar serta warna berubah menjadi coklat kemudian hitam. Medium roasting mulai terjadi menit ke 5 dan 6pada popcorn machine, saat terjadinya first crack, yaitu bunyi letupan seperti saat membuat popcorn, tapi ini tergantung jumlah biji yang dimasukkan, kita harus mencoba nya sendiri untuk mengetahui jumlah biji yang dimasukan serta tingkat profile yang diinginkan. rasa dan aroma sudah mulai terbentuk pada skala 5 dan 6 tetapi masih kurang kuat. Medium to dark pada menit ke 7 dan 8, second crack, aroma maksimal untuk jenis arabica, dan balance untuk rasa. Hentikan roasting pada sesaat setelah second crack. Kalau menghendaki rasa yang kuat, roasting bisa dilanjutkan, seperti pada menit ke 9 mulai terbentuk lapisan atau bintik minyak, disebut vienna roast. Dan kalau dilanjutkan lagi akan menjadi french roast, berwarna hitam, rasa kopi kuat tetapi aroma akan jauh berkurang. Kalau roasting dilanjutkan lagi akan menjadi arang😉 . Setiap orang mempunyai kesukaan tingkat roasting yang disukai, jadi mari pelajari teknik roasting dengan melakukannya sendiri, mudah kok tidak sulit….

Location: Göttingen, German

Time: January 2016

2 thoughts on “Roasting Profile

    • Kang, saya batasi penelitian di green bean tidak sampai roasting. Ada satu paper peneliti brazil membahas tentang profile NIR pada roasted coffee. kalau sampai ke roasting, bisa ga beres-beres sekolahnya😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s