Kopi Turki: area sultanahmet

Seperti yang sudah diulas sebagian mengenai kopi Turki, sekarang saatnya kita berjalan-jalan menjelajahi Istanbul, sebuah kota sejarah. Terletak diantara dua benua, dengan sejarah yang bisa dilacak sampai ribuan tahun sebelum masehi, dan masih bisa ditemui sampai sekarang, bercampur baur dengan peradaban modern, membuat kota ini tidak ada duanya.

kopiturki9

Banyak cafe dan restauran cantik, tinggal pilih yang sesuai selera dan kantong

Banyak cafe dan restauran cantik, tinggal pilih yang sesuai selera dan kantong

kopiturki11

Lokasi kunjungan yang wajib didatangi pertama kali tentu area yang bernama Sultanahmet, diambil dari nama salah satu Khalifah penguasa saat itu Sultan Ahmed, yang juga mendirikan Sultan Ahmed Moesque atau lebih dikenal sebagai Blue Mosque atau masjid biru. Banyak lokasi sejarah yang dapat dikunjungi di area ini, dan lokasi mudah ditempuh menggunakan trem yang menghubungkan penjuru kota dan melintasi tempat-tempat kunjungan wisata. Sungguh menarik tata kotanya, perpaduan sistem modern dengan tetap mempertahankan warisan sejarah.

kopiturki1

Kopi turki disajikan dalam cangkir kecil ukuran espresso

Kopi turki disajikan dalam cangkir kecil ukuran espresso

kopiturki3 kopiturki4

Di sekitar sultanahmet, tentu mudah di temui kafe atau restoran. Tentu ini kesempatan saya untuk minum kopi turki di turki dan baristanya orang turki, mantab toh?! kafe dan restoran di area ini cukup mahal, maklum lokasi wisata serta banyak orang berkunjung. Jika ingin makan kenyang dengan harga murah bisa mengunjungi locanta, tapi juga jangan locanta di daerah ini, tetap saja mahal. kopiturki6 kopiturki7 kopiturki8

Kopi turki disajikan dalam gelas espresso, kecil, rasa kental seperti minum cairan lumpur. Cocok untuk sahabat yang suka minum kopi hitam. Aroma juga lumayan, tapi buat yang tidak terbiasa minum kopi, kopi turki akan terasa berat. Pada beberapa artikel berikut kita akan keliling istanbul, untuk memahami bagaimana sebuah kebudayaan besar dunia berdiri dan berjaya yang tentu bersinggungan dengan sejarah perkembangan kopi itu sendiri.

Location: Istanbul, Turki

Time: Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s