Blue Mosque

Masjid biru dibangun oleh Khalifa Sultan Ahmed I pada tahun 1609-1616, bayangkan 7 tahun membangun sebuah bangunan yang spektakuler. Disebut masjid biru karena masjid ini memang berwarna biru karena keramik yang dipasang di dinding masjid domninan berwarna biru. Blue Mosque dibangun berhadapan dengan Hagia Sophia, dalam rangka berusaha untuk menandingi kemegahan Hagia Sophia. Kedua bangunan ini sama-sama luar biasa. Sampai saat ini Blue Mosque tetap digunakan sebagai tempat solat. Turis yang ingin masuk diperbolehkan selain waktu sholat, dengan membawa sepatu masing-masing yang dibungkus plastik, tersedia di setiap pintu masuk. Ada area untuk wisatawan yang tidak beragama Islam, tetap bisa masuk ke dalam masjid tanpa mengganggu kaum muslimin yang sedang ibadah solat, zikir atau mengaji. Jika ingin ibadah atau sholat, bisa setiap saat, sampai Isya masjid akan ditutup dan dibuka kembali saat Subuh.

DPP_0001 DPP_0027 DPP_0026

Keindahan Blue Mosque

Keindahan Blue Mosque

Sahabat tidak perlu mengeluarkan uang untuk memasuki masjid, juga masjid-masjid lain di setiap sudut kota. Kecuali mau amal, disetiap masjid akan ada kotak amal, tidak ada paksaan. Dan yang luar biasa, setiap masjid pasti memiliki wc selain tempat wudhu, dan semuanya terjaga dengan baik dan rapih. WC pun wangi kecuali yang dekat area terminal, sedikit tidak terkendali, tapi secara umum patut diacungi jempol dan bisa ditiru.

DPP_0030

Hippodrome, peninggalan Romawi, berada disamping masjid, lokasi bersejarah lainnya.

Hippodrome, peninggalan Romawi, berada disamping masjid, lokasi bersejarah lainnya.

Suasana masjid sangat syahdu, apalagi saat sholat Juma’at dimana Masjid dengan kapasitas 10.00 orang, terisi penuh bahkan sampai ke halaman. Mahzab yang dipakai disini sama dengan di Indonesia. Bagian atas masjid pun digunakan perempuan untuk ikut solat jumat. Setiap solat wajib pun masjid cukup ramai walau tidak terisi sepenuhnya. Nuansa masjid sungguh menarik, apalagi jika kita bayangkan para Khalifa dan juga ulama-ulama terdahulu juga pernah sholat di masjid ini. Jika berkunjung ke Istanbul, Jangan lupa untuk berkunjung ke masjid ini….

DPP_0001 DPP_0002 DPP_0004

Suasana Solat

Suasana Solat

Tempat khatib

Tempat khatib

DPP_0010 DPP_0013 DPP_0015 DPP_0016

Tersedia plastik untuk membawa sendal dan tempat sampah untuk mebuang plastik yang tidak terpakai

Tersedia plastik untuk membawa sendal dan tempat sampah untuk membuang plastik yang tidak terpakai

DPP_0031

Lokasi mudah dijangkau, turun di statiun sultanamet

Location: Istanbul, Turki

Time: Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s