Dolmabahçe Palace

Di seberang selat Bosporus dari Istana Topkapi, selat yang menghubungkan benua Asia dan Eropa, berdirilah Istana Dolmabahçe. Bisa dibilang istana ini lebih mewah daripada istana Topkapi, dan menjadi salah satu penyebab keruntuhan Kekhalifahan Utsmani pada tahun 1922.  Sultan dan keluarga serta pusat pemerintahan pindah ke istana ini mulai tahun 1856 dan hanya digunakan untuk waktu beberapa puluh tahun saja sampai mereka harus keluar dari Istana untuk mengalami pengasingan. Bergaya eropa dengan menyediakan segala kemewahan dan kenyamanan hidup. Ruangan dengan segala pernak perniknya sangat mewah dan modern. Banyak bagian ruangan berlapis emas murni. Seperti kamar mandi sudah seperti saat ini dengan vountain, sistem pipa dan kloset duduk, kalau tidak salah mereka yang menggunakan untuk pertama kalinya. Pasti segala sesuatu terbaru pada zaman itu, mereka sudah gunakan terlebih dahulu. Untuk berjalan melewati ruangan dalam istana saja melelahkan, seperti tidak ada habisnya ruang kamar dan ruang pertemuan dengan mebel, karpet, lampu, cermin yang sangat indah dimana-mana.

DPP_0001

Istana bernuansa Eropa, penuh dengan kemewahan dan keindahan.

Istana bernuansa Eropa, penuh dengan kemewahan dan keindahan.

DPP_0008 DPP_0009 DPP_0010 DPP_0011 DPP_0012 DPP_0013 DPP_0014 DPP_0015 DPP_0017 DPP_0018

Pembangunan istana ini menguras keuangan negara yang pada akhirnya Sultan mulai berhutang, dan berhutang lagi sampai kemudian terjerat hutang, terlibat perang pada PD 1 dan bersekutu dengan German, kemudian kalah perang, dan akhirnya sistem Kekhalifahan yang sudah berlangsung ratusan tahun hancur lebur berantakan.

DPP_0003 DPP_0004

Istana langsng berhubungan dengan selat Bosphorus

Istana langsung berhubungan dengan selat Bosphorus

Saya memasuki bagian yang disebut Istana Hareem, dulu tempat tinggal keluarga Sultan khusus untuk wanita, termasuk ibu dan permaisuri serta anak-anak. Setelah keruntuhan Kekhalifahan, Mustafa Kemal Attaturk, pendiri Turki modern, tinggal di sini sampai meninggal di bagian ini. Kita tidak boleh mengambil foto di bagian dalam Istana. Seluruh jam di istana ini berhenti pada pukul 09.05, jam dimana Mustafa Kemal meninggal pada 10 november 1938 pada usia 57 tahun. Setiap tanggal dan jam tersebut di peringati oleh warga Turki sampai saat ini. Tempat tidur dimana Mustafa Kemal meninggal, ditutupi oleh bendera Turki berwarna merah. Tempat tidurnya tidak begitu besar. Kamar mandi dan segala perabotan seperti kursi roda, lemari obat-obata masih dibiarkan seperti apa adanya.

Bagian dalam Istana yang disebut Istana Hareem.

Bagian dalam Istana yang disebut Istana Hareem.

DPP_0006 DPP_0007

Tokoh ini bisa dibilang kontroversial. Sebagian warga memujanya karena sebagai pembaharu Turki, sebagian membencinya karena menjadi salah satu penyebab keruntuhan sistem kekhalifahan dan timbulnya sekularisasi Turki pada 1922 yang atas kehendak sejarah sistem Kekhalifahan berakhir. Dalam salah satu nubuwah juga dinyatakan, zaman kekhalifahan tersebut merupakan zaman ketiga, sudah berakhir, dimana sekarang kita memasuki zaman keempat, entah untuk berapa lama. Bukan tempatnya disini untuk menganalisis atau mendiskusikan baik atau buruk apa yang dilakukan oleh Mustafa Kemal, biarkanlah sejarah yan menilai. Sama seperti Presiden kita pertama Ir Soekarno, beliau juga dinilai kontroversial, tetapi beliau nyatakan jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Biarkan hitam dan putihnya Soekarno, sejarah yang akan menilai. Kurang lebih begitu. Yang jelas sekarang Turki merupakan salah satu kekuatan NATO bahkan dunia, di tengah masyarakat yang terbagi dalam situasi ekstrim agamis atau ekstrim sekular. Jadi, pelajarilah sejarah agar mengerti apa yang sedang terjadi di dunia saat ini.

Clock Tower, dibanguun pada 1890-95.

Clock Tower, dibanguun pada 1890-95.

Suasana luar istana, sama seperti di jakarta penuh dengan kemacetan

Suasana luar istana, sama seperti di jakarta penuh dengan kemacetan

Location: Istanbul, Turki

Time: Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s