İstanbul Arkeoloji Müzeleri

Di museum arkeologi ini sahabat dapat belajar banyak mengenai sejarah peradaban bangsa-bangsa dunia, bisa terlacak sampai tahun 2000 BC. Wilayah Istanbul sekarang ini merupakan wilayah yang dari zaman dahulu sudah silih berganti peradaban yang menguasainya. Rise and fall of the civilization. Kita harus belajar apa yang menyebabkan suatu bangsa mencapai puncak kejayaannya dan apa yang menyebabkan keruntuhannya. Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah!

Bagian luar museum

Bagian luar museum

DPP_0023

Bahkan sejarah wilayah ini tersebar di selruh bagian kota, tidak hanya ada di museum ini, dan sebagian masih berfungsi seperti apa adanya. Menakjubkan. Silih berganti penguasa wilayah ini, mulai dari Alexander the great dari Kekaisaran Yunani yang kemudian mati muda, penuh kontroversi apakah dibunuh atau penyakit dan dimana dikuburkan. Terdapat satu sarkofagus, semacam kuburan batu dari mamrmer penuh dengan ukiran cantik, disebut bernama Alexander yang dikuburkan disitu, tetapi belum dapat dikonfirmasi apakah orang lain dengan nama yang sama. Kemudian tentu zaman Byzantium, kadang disebut Kekaisaran Romawi Timur walau juga bisa diperdebatkan penyebutan tersebut, dimana ada tugu titik nol di area Sultanahmed ini. Sampai kemudian tentu Kekhalifahan Utsmani atau oleh dunia barat disebut Kekaisaran Ottoman.

DPP_0019 DPP_0020

Rantai yang digunakan untuk blokade masih tersimpan dengan baik, besar dan berat.

Rantai yang digunakan untuk blokade masih tersimpan dengan baik, besar dan berat.

Suasana blokade selat Bosphorus dalam rangka menaklukkan Konstantinopel

Suasana blokade selat Bosphorus dalam rangka menaklukkan Konstantinopel

Museum ini sudah ada dari tahun 1891, dibuka dari sejak zaman kekhalifahan Utsmani, dengan Kurator utama Osman Hamdan Bey yang mengawali dan mengumpulkan benda-benda bersejarah tersebut. Sedangkan Usia bangunan museum ada yang berusia lebih tua, seperti gedung untuk menyimpan koleksi keramik dari masa Seljuk sebelum berdirinya Kekhalifahan sampai masa kemudian. Gedung tersebut dibangun pada tahun 1472 pada masa Al Fatih berkuasa.

DPP_0018

Ukiran gaya yunani yang luar biasa, lekukan kain terlihat nyata

DPP_0015

Sarkofagus

DPP_0013

The book of death seperti di Film the Mummy?

DPP_0012

Mumi mesir

DPP_0006

Salah satu bagian dinding dari Ishtar Gate dari zaman babilonia

DPP_0001 DPP_0002 DPP_0003 DPP_0004 DPP_0005 DPP_0007 DPP_0008 DPP_0009 DPP_0010 DPP_0011 DPP_0016 DPP_0017

Selain itu dari wilayah lain terdapat juga benda-benda arkeologi zaman Hammurabi, Raja Babilonia yang terkenal dengan hammurabi code itu yang berhadapan dengan Nabi Ibrahim AS sampai beberapa benda dari kerajaan Firaun. Setiap masa peradaban tersebut tentu meninggalkan warisan yang bisa kita nikmati sampai saat ini. Seperti Hammurabi yang dikenal salahsatunya sebagai pencipta sistem hukum, masa Firaun untuk metode penyimpanan pangan (Zaman Nabi Yusuf AS), pembuatan anggur, keju dan roti dan makanan enak lainnya. Ya, bioteknologi sudah ada dari zaman itu, dan kita masih menggunakan metode mereka sampai saat ini. Dan tentu, peninggalan Kekhalifahan Utsmani, salah satunya adalah minuman kopi yang sekarang menjadi “legal drugs” dan dunia tergantung padanya.

Location: Istanbul, Turki

Time: Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s