Selat Bosphorus: antara Timur dan Barat

Tulisan ini menjadi bagian terakhir dari seri tulisan mengenai Turki. Ada banyak lokasi bersejarah lain, tetapi beberapa lokasi yang sudah dibahas, saya pikir cukup untuk bisa menggambarkan secara umum dan ringkas mengenai salah satu peradaban dunia. Kita tutup dengan membahas mengenai Timur dan Barat.

DPP_0023

Selat Bosphorus yang cantik. Terilhat Galata Tower dari kejauhan id bagian puncak bukit.

DPP_0001 DPP_0005 DPP_0007 DPP_0008 DPP_0009 DPP_0022

Selat Bosphorus membagi Istanbul sekaligus Turki menjadi dua benua: Asia dan Eropa. Selat ini menjadi penghubung antara dua benua, dua kebudayaan yang sama sekali berbeda. Perbedaan itu kadang tidak bisa disatukan, ya seperti timur dan barat. Walaupun timur tetap timur, barat tetap barat, bukan berarti perbedaan tersebut tidak bisa dijembatani atau dihubungkan. Secara harfiah, jika masa lampau penghubungnya adalah selat dan orang menggunakan perahu untuk melewati selat, saat ini ada jembatan yang menghubungkan selat tersebut dimana bisa dilalui kendaraan dan moda transportasi lain seperti kereta. Wilayah yang saya lalui tersebut masih di wilayah Eropa di daerah yang berbentuk seperti tanduk sehingga disebut Golden Horn. Bahkan sekarang sudah ada terowongan kereta bawah laut melalui selat.

DPP_0010

Memancing dari atas jembatan

DPP_0011 DPP_0012 DPP_0013

Pada beberapa cerita sebelumnya mengenai Turki, saya berbagi mengenai salah satu kekuatan peradaban masa lalu dunia, dan sekarang pun juga merupakan salah satu kekuatan yang diperhitungkan. Dan peradaban tersebut tumbuh dan berkembang seiring dengan sejarah kopi. Kopi merupakan salah satu hasil dari peradaban ini yang sekarang mendunia dan tidak bisa dipungkiri. Selama ratusan tahun mereka menyimpan rapat-rapat rahasia mengenai kopi walau pada akhirnya tanaman dan kebudayaan ngopi tersebut menyebar ke seluruh dunia. Ketika membahas mengenai kopi, tidak bisa terlepas dari Turki sebagai peradaban awal yang menemukan dan mengembangkannya.

Murah, bergizi dan mengenyangkan.

Murah, bergizi dan mengenyangkan.

DPP_0015

Petugas sibuk memanggil calon konsumen

Petugas sibuk memanggil calon konsumen

DPP_0017

Harga terjangkau

Harga terjangkau

Ikan segar langsung dari laut

Ikan segar langsung dari laut

Kuliner di pinggir jembatan

Kuliner di pinggir jembatan

Melalui jatuh dan bangunnya peradaban tersebut, yang telah ada jauh pada masa sebelum Masehi, dimana bangsa-bangsa lain silih berganti berkuasa, kita bisa belajar bahwa dunia penuh pergolakan. Kita tidak bisa santai-santai saja dengan dunia yang terus bergerak maju. Masyarakat Indonesia sekarang pun sedang mentransformasi dirinya untuk menjadi masyarakat modern dan tanpa perlu meninggalkan jati dirinya sendiri. Contoh nyata seperti Turki, mereka bisa maju dengan tetap mempertahankan kebudayaan.

Antara Timur dan Barat

Antara Timur dan Barat

DPP_0024

Dan setiap perbedaan-perbedaan, walau terpisah jauh seperti Timur dan Barat, akan selalu ada jembatan yang menghubungkannya……………… bangun dan laluilah jembatan penghubung tersebut agar kita bisa memahaminya….

Location: Istanbul, Turki

Time: Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s