Zotero, aplikasi untuk mengelola daftar pustaka

Apa sih pentingnya aplikasi tambahan untuk mengelola reference atau daftar pustaka? Jawabnya penting bingits kalau kita sedang mengerjakan banyak artikel, serta membutuhkan banyak reference dan hendak mengirim ke jurnnal atau publikasi berbeda. Setiap jurnal memiliki “template” yang berbeda, dan saya pernah mengalami ribet dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar merubah format.

Berdasarkan pengalaman, literatur yang sudah kita peroleh (biasanya dari hasil download), segera dirubah nama file berdasarkan judul artikel, lalu simpan berdasarkan judul folder. Pilah dan pilih folder berdasarkan item khusus, misal untuk kasus saya, saya pilah ada folder khusus untuk menyimpan artikel yang berhubungan dengan near infra red, kopi, analisis statistik, juga folder spesifik sesuai keperluan. Jadi nanti mudah dilacak saat dibutuhkan.

Aplikasi pengelolaan daftar pustaka open source.

Setelah ada folder yang berisi artikel tersebut, kita masukkan artikel ke dalam aplikasi reference manager. Ada banyak aplikasi bergenre ini, diantaranya yang terkenal adalah endnote dan mendeley, merupakan aplikasi berbayar. Sedangkan saya menggunakan zotero yang merupakan open source. Tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Tinggal pilih mana yang anda suka, fungsi dan cara kerjanya mirip saja, yang penting aplikasi ini dapat membantu dalam mengelola daftar pustaka.

Ikuti saja tutorial dalam memasukkan artikel ke dalam zotero. Oya, ada dua jenis aplikasi yang harus di download dan diinstal ke komputer. Pertama stand alone, yaitu aplikasi zotero untuk mengelola artikel, lalu aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi seperti word atau open/libre office. Juga bisa bekerja di paltform windows, linux dan mac. Gampang kok menggunakannya, tinggal drag and drop artikel, lalu klik kanan dan “retrieve meta data for pdf” dan semua data dari artikel sudah masuk ke aplikasi. Kadang terjadi kegagalan dalam retrieve data, bisa diambil dari google scholar, download file artikel tersebut untuk endnote dan kemudian di  import ke zotero. Data juga bisa dimasukkan secara manual. Selanjutnya setelah data artikel atau buku atau bahkan website sudah ada di zotero, tinggal digunakan dalam text dan bagian daftar pustaka, format akan menyesuaikan otomatis. Jadi tidak akan ada artikel yang tidak tersitasi. Format cara sitasi dan daftra pustaka juga bisa menyesuaikan tergantung jurnal yang dipilih. Bingung? lihat saja seri video turorialnya ya…….

 

Location: Göttingen, German

Time: May 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s