UPH Java Preanger

Unit pengolahan hasil (UPH) kopi Java Preanger terletak di Desa Cibeber, Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, dimotori oleh Haji Asep. Haji Asep masih cukup muda dan dengan ramah menyambut tamu yang datang.

UPT Java Preanger

Di fasilitas ini, cerry kopi dari gunung Patuha, Halu dan Malabar, diproses menjadi green bean. Species yang diolah adalah arabika dengan varietas sigararutang dan Linie S. Sigararutang sendiri merupakan varietas kopi bukan native dari Jawa Barat tetapi dari Sumatera Utara. Konon, sigararutang merupakan bahasa Toba yang berarti pembayar hutang. Varietas ini rupanya mudah beradaptasi dan menghasilkan kopi secara memuaskan sehingga penghasilan dari kopi bisa menutup hutang petani 😉

Mengunjungi fasilitas

Hasil sortasi kualitas bagus

Fasilitas yang dikomandani haji Asep termasuk lengkap. Mulai dari fasilitas penjemuran cerry kopi, bahkan dijemur diatas tray untuk menghindari kontaminasi kotoran dan penyakit dari lantai jemur. Kemudian pencucian sampai pulper yaitu pengupasan daging buah dan penggilingan untuk memisahkan green bean dari parchment yang merupakan kulit luar dari biji kopi. Sebenarnya ada satu lapis kulit lagi dari biji kopi, yaitu silver skin. Silver skin bisa dibersihkan saat pembersihan lebih lanjut menggunakan siklon atau saat proses roasting.

Peralatan ntuk memproces cerry menjadi green bean

Area Kantor

Tray Penjemuran

Bak Perendaman jika ada permintaan wet process

Fasilitas kamar mandi dan mushola

Fasilitas penjemuran memiliki cctv karena seringkali terjadi pencurian terhadap cerry kopi yang sedang dijemur. Maklum komoditas mahal, banyak yang incar. Selain itu juga terdapat kamar mandi dan mushola untuk tamu dan penjaga fasilitas.

Cctv diperlukan untuk mengawasi penjemuran karena pernah terjadi pencurian biji kopi

Di bagian depan, terdapat ruang kantor serta ruang untuk menyeduh kopi. Peralatan seduh kopi sudah modern, mulai dari grinding dan mesin espresso standar cafe. Jadi pengunjung atau calon pembeli dapat langsung mencicipi kopi produksi kelompok tani ini. Tentu saya dngan senang hati mencoba sendiri mesin espressonya 😉 .

Fasilitas grinding dan espresso machine standar cafe bagi pengunjung atau calon pembeli yang hendak uji organoleptik

Haji Asep sudah beberapakali mengikuti pameran bahkan sampai keluar negeri

 

Haji Asep menunjukkan kopi kualitas bagus yang sudah dipesan oleh salah satu cafe ternama dari Jakarta. Tentu mereka mensyaratkan green bean dengan kualitas tinggi, jadi sortasinya pun harus benar. Dan biji kopi dengan kualitas rendah pun ternyata juga laku keras, dan anda bisa duga, kopi ini kebanyakan yang diproses menjadi kopi saschet. Yah, ada harga, ada kualitas.

Kualitas kopi reject yang tetap laku menjadi kopi saschet. Ada harga, ada kualitas

 

Location: Bandung, Indonesia

Time: August 2014

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s