Pizza Gembili

Gembili atau Yam (Dioscorea sp) merupakan tanaman umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat non biji. Tanaman ini merupakan makanan utama di beberapa negara Afrika seperti Nigeria. Saya pernah diundang keluarga afrika untuk menikmati olahan gembili yang disebut fufu. Cukup unik rasanya, tetapi masih agak sulit untuk dicerna oleh lidah asia. Yah, mungkin karena baru pertama kali mencoba masakan tersebut jadi belum terbiasa.

Gembili mudah diperoleh di Jerman. Bahkan di kota besar di Jawa pun sudah cukup sulit untuk ditemui. Di Papua gembili merupakan bagian dari adat istiadat. BPTP Papua menemukan sedikitnya ada 30 jenis aksesi gembili berbeda. Menarik jika masing-masing aksesi tersebut diekslorasi potensi manfaatnya.

Kali ini, saya mencoba untuk menikmati gembili tersebut. Gembili yang saya peroleh dari market lokal berbentuk seperti tabung dan bagian daging umbi berwarna putih. Saya coba merebus dan mengukusnya, enak juga dinikmati untuk makan siang atau ngemil sore hari.

Gembili dengan umbi warna putih

Untuk pengembangan lebih lanjut, gembili juga bisa diolah menjadi berbagai macam produk, seperti ubi jalar. Potensi ekonomi tidak akan tinggi jika diolah hanya sebagai sumber karbohidrat. Nah, potensi ekonomi bisa meningkat jika gembili diolah menjadi produk-produk kekinian. Dan saya mencoba untuk mengolahnya menjadi pizza.

Yup, pizza yang terbuat dari gembili. Tentu tidak 100% dari gembili. Pizza yang saya buat campuran dari 50% gembili dan 50% terigu.mungkin kandungan gembilinya bisa ditingkatkan menjadi 75%.

Caranya mudah saja. Gembili direbus lalu dikupas kulit luarnya. Daging umbi diblender dengan susu. Tambahkan tepung terigu, ragi, gula, garam sedikit. Diamkan adonan kira-kira 2 jam. Setelah 2 jam, adonan mengembang tetapi tidak seperti adonan yang terbuat daro 100% terigu. Ratakan adonan di loyang, oleskan saos atau pasta tomat, taburi keju mozarella, tambahkan topping sesuai selera (bisa daging atau sosis), plus oregano. Oven selama 12 menit (tergantung suhu yang digunakan) atau lebih sampai pizza berwarna kecoklatan. Mengenai resep pizza, gunakan saja resep pizza andalan sahabat, pasti jadi kok, mudah buatnya.

Adonan pizza gembili

Dan pizza pun siap disantap. rasanya uenak. Sedikit lebih berat rasanya dibanding pizza biasa. cukup mengenyangkan. Dan jadi agak sedikit manis, rupanya gembili sudah menyumbang rasa manis selain dari gula. Lebih keren lagi jika menggunakan gembili rasa selain putih, misal ungu. Jadi pizzanya akan berwarna ungu. Lain kali, mungkin bisa dicoba membuat pizza dari ubijalar ungu, kita lihat hasilnya bagaimana.

Pizza gembili siap disantap

Location: Göttingen, German

Time: April 2018

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s