Es Krim Ubi Jalar

Ubi jalar tersedia melimpah di Indonesia. Produktifitas rata-rata sebesar 16.8 ton per ha dengan luas tanam kira-kira 124  ribu ha. Kita mempunyai plasma nutfah ubi jalar yang luar biasa dan belum banyak dieksplorasi. Mulai dari ubi warna putih, ungu, orange dan lainnya, dengan rasa dan ukuran beragam. Salah satu yang tersohor adalah ubu cilembu. Problem besar di ubi jalar adalah hama boleng saat penyimpanan. Dan tentu, industri hilir ubi jalar. Setelah panen, mau diapakan ini ubi jalar yang tersedia berlimpah? Kadang, ubi jalar membusuk dan terbuang percuma karena tidak terserap oleh pasar.

Untuk menghindari kehilangan pasca panen, perlu dilakukan pengaturan jadwal tanam dan panen sesuai permintaan pasar. Selain itu, pengembangan industri hilir harus dilakukan. Ini bisa membuka lapangan usaha. Salah satu yang mudah dibuat adalah es krim ubi jalar.

Caranya mudah. Kukus atau rebus ubi jalar sampai lunak, potong-potong lalu blender dengan ditambah sedikit susu agar mudah menjadi pure. Disaat yang bersamaan, masak susu, boleh santan tergantung selera, tambahkan gula dan garam sedikit, serta maizena atau tepung pengental. Gula tidak perlu banyak karena ubi jalar sudah memberikan rasa manis. Silahkan menggunakan resep yang sobat sukai. Ketika susu sudah panas, masukkan pure ubi jalar dan aduk merata. Ketika sudah dingin, masukkan dalam freezer.

Nah, kunci untuk menghasilkan es krim yang mudah di sendok adalah setelah beberapa jam di freezer, kira-kira 3-5 jam, tergantung suhu freezer, tepat sebelum membeku, adonan es krim di mikser atau blender kembali. Fungsinya adalah memasukkan udara ke dalam adonan sehingga mengembang. Lakukan mikser 2 atau 3 kali agar adonan makin lembut dan mengembang. Jadwal mikser berikutnya akan lebih cepat karena adonan sudah dingin. Setelah itu, biarkan beberapa jam lagi.

Dan es krim ubi jalar pun siap dinikmati. Saya menggunakan ubi jalar orange. Cantik warna es krimnya, bebas pengawet dan pewarna, berserat dan vitamin, rasanya enak, cocok untuk musim panas, apalagi di Indonesia 🙂

Location: Göttingen, German

Time: April 2018

Advertisements

One thought on “Es Krim Ubi Jalar

  1. Pingback: Es krim pisang vanila | Postharvestnotes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s