Penanganan sampah di German

Penanganan sampah di German relatif lebih baik dibandingkan negara Eropa lain. Penanganan sampah di mulai dari tingkat rumah tangga. Kita memisahkan antara sampah organik, bungkus makanan, kertas, botol dan baterai serta lainnya. Setiap jenis sampah tersebut memiliki tempat sampah dan warna berbeda.

Sampah organik seperti sisa makanan, potongan sayur, tulang ikan, tulang ayam, buah yang rusak dan sejenisnya masuk ke keranjang organik di rumah. Plastik yang digunakan untuk menampung sampah organik berwarna hijau dan terbuat dari bahan bio juga sehingga mudah terdegradasi. Tempat sampah di luar apartemen juga berwarna hijau. Biasanya tempat sampah ini berbau “sedap” dan saat musim panas dipenuhi oleh belatung dan lalat besar. Hebat juga lalat, sepertinya saat musim dingin dorman karena mahluk ini hanya ada saat musim panas. Tiba-tiba saja muncul belatung dan lalat dari tempat sampah organik.

Tempat sampah organik

Bungkus makanan, kemasan susu dan jus, sterofoam, botol plastik masuk ke tempat sampah kuning. Sampah ini akan didaur ulang untuk menjadi kemasan lagi.

Tempat sampah kuning

Jenis sampah yang tidak termasuk kedua jenis tersebut, pokoknya yang lain-lain, atau kemasan sudah tercampur organik, masuk ke tempat sampah hitam. Termasuk popok bayi 🙂 .

Tempat sampah hitam

Bahan-bahan kertas masuk ke tempat sampah biru. Luar biasa banyak sampah kertas ini. kertas koran dan segala macam iklan dan leaflet kadang ada masuk ke kotak pos. Jadi ada saja kertas yang dibuang setiap hari. Segala urusan juga melalui surat menyurat di sini. Kardus kemasan barang yang kita beli jika tidak kalah banyak dan besar. Ini juga akan didaur ulang, salah satunya menjadi tissue untuk wc.

Tempat sampah biru untuk kertas

Ketiga jenis tempat sampah ini biasanya ada di setiap rumah atau apartemen. Selain tempat sampah ini, ada tempat sampah lain yang biasanya ada per area perumahan. Yang pertama adalah tempat sampah baju dan sepatu. Jenis sampah ini juga cukup banyak. Ada 4 musim, setiap musim butuh jenis baju berbeda dan setiap tahun model bisa berganti.

Tempat sampah sepatu dan baju

Tempat sampah botol kaca. Dibagi 3, botol kaca warna putih, coklat dan hijau. Botol kaca dipisah berdasarkan warna karena memiliki kandungan bahan yang berbeda. Ini juga selalu penuh karena orang sini bisa menghabiskan banyak botol minuman setiap akhir pekan.

Botol putih

Botol coklat dan hijau

Untuk sampah baterai dan lampu, disediakan box khusus di swalayan. Sedangkan untuk benda-benda besar macam kulkas, mesin cuci, lemari, kursi, biasanya ada sudut khusus di setiap area dan harus lapor terlebih dahulu agar bisa diangkut dengan jadwal tertentu. Lalu ada jadwal untuk mesin pembersih jalanan baik pada musim gugur maupun salju.

Jadi wajar dan masuk akal jika German relatif lebih bersih.

Location: Göttingen, German

Time: April 2018

 

Advertisements

One thought on “Penanganan sampah di German

  1. Pingback: Perang Minyak Sawit | Postharvestnotes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s