Pengibulan membuka kotak pandora

Kata pengibulan dilontarkan salah satu tokoh nasional beberapa waktu lalu. Serangan terhadap pemerintah tersebut, khususnya kepada Presiden malah berbalik arah bagai bomerang. Kita tidak masuk ke aspek politik atau perdebatan. Kita diskusikan kenyataan bahwa terjadi kerusakan hutan dalam skala luas. Sebagian untuk membuka perkebunan kelapa sawit. Sebagian lain murni kriminal illegal loging, pertambangan, kebakaran hutan, lahan pertanian, hutan industri dan perumahan. Silahkan merujuk ke artikel-artikel mengenai kehutanan dan segala macam konflik yang menyertainya.

Berikut saya sertakan link video tentang perambahan hutan untuk kelapa sawit beserta bantahan untuk cover both side. Bagaimanapun, kita harus berhati-hati dalam memahami berita media karena seringkali terjadi framing.

Salah satu pejabat yang berwenang saat itu, sekarang juga sebagai pejabat tinggi negara, dituding memberikan ijin pembukaan lahan begitu besar, sekitar 25 kali luas DKI Jakarta dan 70% nya untuk perkebunan terutama kelapa sawit. Tentu ada bantahan. Karena ini memasuki aspek politik, jadi tidak semudah itu kotak pandoranya terbuka lebar, baru sedikit yang kita ketahui. Akankah permasalahan ini menjadi terbuka lebar? kita serahan kepada para akademisi bidang pertanahan, lingkungan, kehutanan dan hukum untuk menjawabnya.

Perhatian saya adalah bagaimana produk sawit yang dihasilkan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat tanpa menutup mata ada masalah-masalah tersebut yang terjadi di masa lalu. Yakin itu masalah masa lalu? kita coba jawab pada artikel yang lainnya.

Location: Göttingen, German

Time: April 2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s