Konsultasi Statistik

Sebenarnya statistik merupakan hal yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Statistik kita temui ketika berbicara mengenai prakiraan cuaca, pergerakan harga saham di Bursa Efek Jakarta atau perubahan harga cabai keriting di Pasar Johar Semarang. Jadi statistik merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Tetapi ketika menghadapi kata statistik, atau mungkin uji statistik, langsung kepala kita berdenyut-denyut, badan keringat dingin, makan tak enak karena seperti menghadapi sesuatu mahluk asing. Padahal seperti yang saya bilang diatas, statistik merupakan bagian integral dan tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Ilmu statistik merupakan kajian yang sangat luas, oleh karena itu sampai memerlukan departemen atau jurusan tersendiri di Universitas. Saya sendiri bukan dari jurusan statistik, tetapi “terpaksa” mempelajari ilmu ini karena suka dan sebagai peneliti saya “harus” melakukan uji statistik untuk memahami data percobaan yang saya peroleh.

Pertama kali bersinggungan secara statistik secara resmi di bangku sekolah, seingat saya saat SMA mempelajari satu bagian khusus dari matematika mengenai median, modus dan mean. Median merupakan nilai tengah, yang berbeda dari nilai rerata mean, sedangkan modus merupakan nilai yang paling banyak keluar. Setiap hal tersebut mempunyai kegunaannya sendiri. Misal jika berdasarkan suatu survey di suatu wilayah mengenai ukuran sepatu, terdapat hasil bahwa median 42, mean 41.8 dan modus 43. Tentu sebagai produsen sepatu jika hanya diperbolehkan membuat satu ukuran sepatu, anda akan membuat dengan ukuran 43 karena “kemungkinan” atau probabilitasnya lebih tinggi untuk dijual. Kenapa? Karena ukuran ini paling banyak dimiliki oleh penduduk tersebut. Sedangkan jika anda membuat sepatu berdasarkan mean 41.8 kemungkinan tidak akan laku karena kemungkinan besar sedikit yang memiliki ukuran sepatu 41.8, demikian juga 42 walau kemungkinan lebih besar daripada 41.8.

Pemahaman median, modus dan mean ini sangat penting sebagai pondasi umum sebagai langkah awal memahami uji statistik, karena akan berkonsep disekitar ini dengan segala varian dan hipotesisnya. Jika anda perhatikan, beberapa kali saya tulis mengenai kata “kemungkinan” atau probabilitas. Ini yang membedakan statistik dengan matematika. Matematika bicara jelas 2+2 = 4. Secara statistik mungkin jawabannya 2+2 berdasarkan interval keyakinan 95% adalah 4. Kenapa bisa seperti itu? Tergantung responden atau sampel yang anda lakukan. Misal anda melakukan survey untuk bertanya kepada 100 responden mengenai jawaban untuk 2+2. Jika responden tersebut berusia kiasaran 5 -88 tahun, kemungkinan ada beberapa jawaban yang bukan 4, anak 5 tahun belum mengerti hitung-hitungan dan usia 88 tahun mungkin sudah mulai pikun jadi sudah lupa kalau jawaban 2 tambah 2 adalah 4 (ini sebagai contoh ngawur dan ekstrim saja)

Gampang toh statistik? Saya tidak akan menjelaskan mengenai statistik disini karena bisa anda dapatkan di buku2 atau web tentang statistik. “Mungkin” saya akan jelaskan secara bertahap di dalam blog. Lalu link ini tentang apa dong?

Di link ini saya hendak menawarkan jasa konsultasi statistik. Jika anda mulai mumet atau butuh jasa konsultasi, silahkan hubungi saya. Saya memiliki pengalaman menggunakan beberapa software statistik seperti SAS, minitab dan beberapa kali SPSS, serta sekarang The Unscrambler. Berdasarkan pengalaman, setiap software punya kelebihan dan kekurangan jadi tidak perlu fanatik terhadap salah satu software. Juga mengenai tingkat kesulitan, banyak yang bilang bahwa SAS itu susah dan SPSS itu mudah. Buat saya pribadi, malah saya lebih mudah menggunakan dan mengerti SAS karena bisa dikostumisasi serta mudah mengerjakan data secara batch jadi bisa mengerjakan banyak data dengan satu syntax. Memang butuh penyesuaian untuk menyusun syntaxnya, kadang eror terjadi saat pengolahan tetapi jelas salahnya dimana diberitahu oleh SAS dan kalau sudah ok tidak terjadi kesalahan syntax, running data akan cepat. Sebaliknya untuk SPSS walau terllihat mudah tinggal klik, saya merasa kesulitan karena jarang pakai serta harus merubah tipe data dan sebagainya serta tidak bisa system batch (atau mungkin bisa tetapi saya saja yang tidak tahu?!). Point yang hendak saya sampaikan adalah mudah atau susah tergantung dari kebiasaan kita saja, bukan karena satu software lebih unggul daripada lainnya.

Lalu, apa untungnya menggunakan jasa konsultasi statistik? Percayalah, butuh learning curve untuk mempelajari statistik ditambah lagi penggunaan softwarenya. Belum lagi intepretasi data. Banyak mahasiswa yang menghabiskan waktu disini, padahal sebenarnya permasalahnya simple dan mudah saja. Akhirnya terlambat lulus karena jungkir balik mempelajari software. Setelah dapat hasil pun, ternyata software dan uji statistiknya tidak pernah lagi digunakan seumur hidup.

Jadi dari pemaparan diatas sudah jelas, bahwa fungsi jasa konsultasi adalah mempersingkat waktu pengolahan data. Dan percayalah, pengolahan waktu 3 bulan dengan 3 hari hasilnya akan sama. Bayangkan apa yang bisa anda lakukan dengan waktu yang seharusnya bisa dihemat!!

Lalu kenapa saya, kan saya bukan orang statistik? Justru disitu keunggulannya. Saya tidak akan menggunakan bahasa statistik yang mungkin sulit dipahami karena saya juga tidak mengerti hehehe. Saya akan menggunakan bahasa yang mudah dicerna untuk anda karena itu juga yang saya cerna. Saya akan menghemat energy dan waktu anda yang lebih baik digunakan untuk intepretasi dan pembuatan laporan akhir, entah itu skripsi, tesis atau disertasi.

Pengolahan data merupakan bagian kecil dari penelitian tetapi kadang memakan waktu yang paling banyak karena kita tidak memahami pola datanya, tidak mengerti pakai uji apa dan bagaimana memakai softwarenya serta bagaimana intepretasi datanya. Disinilah tugas saya membantu anda.

Tentu jasa konsultasi ini “mungkin” memakan biaya. Tetapi tidak perlu khawatir karena saya juga pernah menjadi mahasiswa dan sekarang juga sedang menjadi mahasiswa. Saya tahu rasanya pada posisi seperti ini. Beaiswa hampir habis, data belum terolah, dosen tanya terus hasilnya mungkin tidak asing bagi sebagian besar anda.

R Software

R Software

Sebelum anda menghubungi saya, ada beberapa hal yang perlu diketahui.

1. Untuk pengolahan data saya menggunakan software R karena saya tidak mampu membeli aplikasi statistik lain. Saya gunakan software lain ketika menjadi mahasiswa dan mendapat license dari uni. Setelah lulus, tentu aplikasi tersebut menjadi tidak bisa diakses. Walau bisa dengan mudah mendapatkan bajakannya, tetapi saya pikir janganlah ya.. hargai yang buat aplikasi. Sedikit pemikiran, ijasah kita sebagai contoh ijasah sarjana dihasilkan dari pembuatan skripsi yang datanya dari software bajakan. Lalu ijasah kita tersebut digunakan untuk mencari pekerjaan. Yah memang kita tidak bisa naïf bahwa hampir semuanya melakukan hal tersebut, tetapi selama bisa menghindari hal-hal seperti itu kenapa tidak? Efek jelas dari penggunaan software bajakan, karya anda tidak akan pernah bisa tembus jurnal international.

2. Saya yakin anda sibuk, saya pun juga sibuk karena sedang kuliah juga. Untuk memudahkan pengolahan data, tentu data anda harus sudah diketik rapi di excel. Data anda juga harus ada penjelasan yang baik sehingga tidak salah diolah. Tentu bukan proposal lengkap yang saya perlukan, tetapi keterangan singkat penelitian apa dan bagaimana serta metode statistik yang digunakan biasanya apa.

3. Harus jelas kapan rencana data tersebut dibutuhkan untuk diolah. Saya pun akan menyampaikan kapan data tersebut bisa diolah. Jadi dalam korespodensi akan dijelaskan mengenai waktu pengerjaan, jadi tidak ada pihak yang merasa dirugikan karena terlalu lama pengerjaan, atau saya merasa didesak harus selesai misal dalam waktu 1×24 jam. Karena banyak hal yang sedang saya kerjakan, tentu klien yang bisa saya kerjakan juga terbatas.

4. Data anda tidak akan pernah dipublish atau diberikan kepihak lain, begitu selesai pengolahan akan saya langsung kirim ke email anda serta segera saya hapus dari computer. Jadi saya pun tidak akan menyimpan data tersebut. Segala data anda adalah milik anda.

5. Kewajiban saya hanya pengolahan data, tetapi saya akan membantu dalam intepretasi data sesuai kemapuan. Karena setiap bidang bisa mempunyai intepretasi data yang berbeda dengan data yang sama jadi anda lebih tahu mengenai data anda. Sama seperti gelas yang berada setengah, anda bisa bilang itu setengah kosong atau setengah penuh, tergantung kebutuhan dan metode serta hasil yang diinginkan.

Jika anda masih berminat menghubungi saya untuk menghilangkan galau dihati karena permasalahan data. Silahkan kontak saya di: adnan.albahry(at)gmail.com. (mohon ganti (at) dengan @). Saya akan mencoba sebisa saya membantu anda. Terimakasih atas perhatiannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s